Pada Hari Sabtu tanggal 4 Januari 2020 Bhabinkamtibmas Desa Karanggondang Bripka Wahyudi melaksanakan pemantauan dan pengecekan di bantaran sungai Kali Lahar di Desa Karanggondang Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar.

Pemantauan dan pengecekan aliran sungai Lahar ini dilakukan sebagai langkah awal dalam mendeteksi bencana banjir yang mungkin saja terjadi mengingat intensitas curah hujan yang cukup tinggi dalam kurun waktu terakhir ini. Dengan melakukan pemantauan awal dan deteksi dini terhadap aliran sungai Lahar sebagai langkah untuk mengantisipasi terjadinya luapan air atau banjir, selain itu Bripka Wahyudi juga menghimbau kepada warga masyarakat di sekitar aliran sungai kali lahar di Desa Karanggondang untuk lebih waspada dan aktif dalam pengecekan aliran sungai, apabila mengetahui adanya luapan air yang meningkat hendaknya segera melaporkan ke Bhabinkamtibmasnya dan kesiapan nya dalam penyelamatan terhadap jiwa dan raga serta harta benda, jangan sampai ada korban jiwa.

Kapolsek Udanawu AKP Eko Suryadi SH, mengatakan ” Semua anggota Bhabinkamtibmas harus melakukan deteksi dini di Desa Binaannya masing masing, cek dan pantau semua sungai yang ada di wilayahnya masing dan laporkan hasilnya, kegiatan ini untuk mengantisipasi terjadinya banjir mengingat curah hujan intensitas cukup tinggi, Kami juga mengingatkan kepada warga masyarakat melalui Bhabinkamtibmas untuk senantiasa peduli dengan lingkungan sekitar tempat tinggalnya, jangan buang sampah di sungai, bersihkan sampah yang ada di sekitar sungai apabila ada, dan apabila ada penambang pasir segera laporkan ke Bhabinkamtibmasnya atau ke Polsek Udanawu. Dengan kepedulian tersebut dapat meminimalkan potensi potensi terjadinya bencana banjir. tutur Kapolsek Udanawu.