Polres Blitar Kota – Bhabinkamtibmas Desa Kawedusan Kecamatan Ponggok Aipda Rofiq melaksanakan musyawarah antara yayasan tirtha wening nuswantara dengan tokoh masy, tokoh agama desa kawedusan. Kamis 8 Pebruari 2019 jam 19.30 wib bertempat di aula kantor Desa Kawedusan.

Permasalahan pada tanggal 27 maret 219 Yayasan tirhta wening akan mengadakan ruwatan massal dan pentas seni bertempat di lapangan Dusun semanding, namun masyarakat dusun semanding keberatan dengan kegiatan tersebut. Dalam musyawarah dipimpin oleh Bpk Mujayin (ketua BPD), perangkat Desa Kawedusan.

Adapun msyawarah di hadiri oleh sdr lilik (pengurus yayasan) dan 3 orang anggota yayasan. Perangkat desa kawedusan. BPD desa kawedusan. Tokoh masy dan tokoh agama desa kawedusan. Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Analisa bhabinkamtibmas Desa Kawedusan sebagai berikut, Masyarakat Dusun semanding menolak adanya ruwatan massal karena giat yg akan dilaksanakan dianggap bukan ruwatan atau pentas seni saja, melainkan ada ritual yg dianggap menyimpang. Sdr. lilik selaku pengurus yayasan tirtha wening nuswantara sebelumnya pernah di lakukan mediasi karena mengadakan ritual di rumahnya di dsn semanding yg di anggàp menyimpang dan warga masyarakat khawatir sdr. lilik akan mengemas kegiatan ritual dengan membuat acara ruwatan.

Tindak lanjut Bhabinkamtibmas Desa Kawedusan, Tetap monitor perkembangan situasi pasca penolakan warga masyarakat terhadap kegiatan ruwatan massal. Koordinasi dengan toga dan tomas. Melaksanakan penggalangan dengan yayasan tirtha wening nuswantara.

Prediksi dari Bhabinkamtibmas Desa Kawedusan, Yayasan tirtha wening nuswantara akan tetap melaksanakan upaya giat ruwatan massal dengan mencari perlindungan terhadap pejabat pemerintah, Terjadi gesekan antara pihak yayasan dengan masyarakat apabila ruwatan massal tetap dilaksanakan, Adanya pihak lain memperkeruh suasana pasca di tolaknya giat ruwatan oleh warga masyarakat, Di tunggangi oleh tim sukses parpol maupun tim sukses capres, Terganggunya situsai kamtibmas Desa Kawedusan.

Dengan hasil kesepakatan sementara; Masyarakat Dusun semanding menolak giat ruwatan massal. Yayasan tirtha wening nuswantara bersedia tidak bersedia membatalkan kegiatan ruwatan massal yg akan dilaksanakan di lapangan dusun semanding. Yayasan tirtha wening akan mengadakan pestas seni namun akan dilaksanakan setelah pelaksanaan pemilu dan Akan di adakan musyawarah lanjut setelah pemilu. Tutur Bhabinkamtibmas Desa Kawedusan.

(HMS/aluk)