WONODADI_

Desa Jaten Kecamatan Wonodadi tahun ini menjadi wakil dari Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar dalam lomba gotong-royong yang dikemas dalam program Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Blitar pada tanggal 21 Februari 2019 mendatang

Lomba gotong-royong yang diadakan setiap tahun tersebut mewajibkan satu kecamatan mewakilkan satu Desa untuk bersaing dengan perwakilan kecamatan lainnya dalam semangat gotong-royong diberbagai bidang.

Kepala Desa Jaten Bapak Drs Mariono mengatakan, dalam menuntaskan permasalahan demi membangun desa Jaten, diperlukan semangat gotong-royong dari semua elemen masyarakatnya. Ada beberapa pruduk unggulan dari desa Jaten diantaranya UMKP batik wonokusumo,kampung sere,ikan patin,tebu dan cabe.

“Agar lingkungan kita bersih dari sampah tentunya tidak hanya satu pihak saja yang berkewajiban menjaga lingkungan, tetapi butuh peranan dari seluruh elemen masyarakat. Untuk itu semangat gotong-royong harus ditingkatkan, ” kata Farid Ari Purnawan sebagai Bhabinkamtibmas desa Jaten yang turun langsung di lapangan berbaur menata desa Jaten. Kamis, (14/02/19)

Terpisah, Kapolsek Wonodadi AKP Yoni Sugiarto mengatakan, program BBGRM tersebut berdasarkan Permen No. 42 Tahun 2005 tentang pedoman penyelenggaraan gotong royong masyarakat. Yang mana, tujuan dari program tersebut yakni untuk menggelorakan semangat gotong royong masyarakat Indonesia.

Menurutnya, dengan adanya program BBGRM, rasa semangat gotong-royong dapat tertanam dalam diri masyarakat Kecamatan Wonodadi dan dapat diwariskan ke generasi-generasi selanjutnya.

-aulia-