Blitar, – Bhabinkamtibmas Desa Bacem Kec.Ponggok Kab.Blitar Brigadir Rendra. bersama Babinsa Serda Purnomo melaksanakan pendampingan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi di wilayah Kecamatan Ponggok, Senin (06/02/2023)

Kegiatan yang dimulai pada pukul 10.00 Wib diikuti Tim Vaksinator sebanyak 6 orang dari Dinas Peternakan Blitar.

Dengan mendatangi satu persatu warga yang memiliki hewan ternak di Desa Bacem, tim pencegahan wabah PMK Kecamatan Ponggok menjelaskan maksud dan tujuan kedatangannya mereka agar masyarakat paham dan tidak terjadi kesalah pahaman.

Brigadir Rendra menyampaikan bahwa cara bertindak dalam kegiatan vaksinasi adalah petugas dari Dinas Peternakan Kab. Blitar mendata pemilik sapi terlebih dahulu sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), mencantumkan nomor handphone, jenis kelamin hewan, dan umur hewan.

Setelah dilakukan pendataan petugas pemeriksa sapi akan menginterogasi pemilik akan riwayat kesehatan hewan ternak selama munculnya Penyakit Mulut dan Kuku, Dengan kegiatan vaksinasi ini Hasil Vaksinasi hewan sapi di Desa Bacem sebanyak 114 ekor, Kambing sebanyak 179 ekor.

Bhabinkamtibmas Brigadie Rendra menegaskan, Selain memberikan pelayanan pengobatan, tim gabungan dari Polsek Ponggok, Koramil dan Dinas Peternakan Kab. Blitar juga memberikan edukasi pencegahan wabah PMK kepada para pemilik hewan ternak di Desa Bacem.