Guna menjaga kondusifitas wilayah dan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Udanawu, Polsek Udanawu melaksanakan patroli untuk mengantisipasi kejadian kriminalitas, Selasa (26/5/2020).

Patroli tersebut dilakukan di obyek vital yang ada di wilayah hukum Polsek Udanawu seperti kawasan pertokoan, kantor pemerintah, fasilitas umum dan lingkungan permukiman.

Cara bertindak dalam kegiatan patroli tersebut adalah dengan mendatangi tempat-tempat tersebut kemudian memberikan arahan kepada petugas yang berjaga untuk selalu waspada terhadap orang asing serta melakukan pengecekan terhadap pintu atau gerbang agar selalu dalam keadaan terkunci. Selain itu petugas patroli juga memberikan himbauan kepada pemilik gedung agar memasang CCTV sebagai langkah antisipasi bilamana terjadi hal hal yang tidak diinginkan dan sebagai salah satu cara untuk memudahkan pengungkapan kasus.

Kapolsek Udanawu AKP Eko Suryadi, S.H. saat dihubungi menyatakan bahwa kegiatatan patroli ini sangat perlu untuk dilakukan karena sebagai salah satu cara untuk menghilangkan niat dan kesempatan para pelaku kejahatan. Dengan terus dilakukannya patroli para pelaku kejahatan yang semula sudah mempunyai niat untuk melakukan kejahatan akan mengurungkan niatnya karena tidak ada kesempatan untuk melakukan kejahatan tersebut. Menghilangnya kesempatan tersebut dikarenakan adanya kegiatan patroli.

Disamping untuk meningkatkan kewaspadaan, patroli juga diharapkan sebagai salah satu bentuk pendekatan kepada masyarakat dan diharapkan akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri, pungkas Kapolsek Udanawu.