Kota Blitar – Pasca lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1445 H, Polres Blitar Kota lakukan patroli ke sejumlah tempat wisata untuk memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan. Patroli dipimpin langsung oleh Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S. Sejumlah tempat wisata yang ada di wilayah hukum Polres Blitar Kota menjadi perhatian petugas Kepolisian sehingga memerlukan kehadiran Polri dalam melakukan pengamanan dan berikan kenyamanan wisatawan. Dalam patroli ini, Polres Blitar Kota melaksanakan pengamanan dan patroli di lokasi wisata favorit di antaranya taman kebonrojo, waterpark sumberudel, candi Penataran, kolam renang Penataran dan kebin kopi Karanganyar. Peningkatan aktifitas kegiatan masyarakat pasca Hari Raya Idul Fitri di lokasi objek wisata di wilayah hukumnya, tentunya dapat menimbulkan potensi kerawanan gangguan kamtibmas, untuk itu Polres Blitar Kota meningkatkan patroli pengamanan di tempat-tempat wisata pada hari ke tiga lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah di wilayah hukum Polres Blitar Kota, Sabtu (13/04/2024).

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S S.H S.I.K mengatakan patroli tempat wisata dilakukan seiring dengan meningkatnya aktivitas masyarakat yang dianggap dapat berpotensi terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada tempat wisata yang menjadi tujuan saat libur lebaran.

“Ada beberapa tempat wisata yang mengalami peningkatan pengunjung maka dari itu, kami Polres Blitar Kota setiap saat melakukan patroli,” katanya.

Disela-sela patroli, tidak henti-hentinya menyampaikan himbauan kepada pengunjung khususnya untuk selalu memperhatikan faktor keselamatan apalagi bagi mereka yang membawa anak-anak.

Dengan adanya peningkatan jumlah pengunjung tempat wisata pada hari ke tiga setelah lebaran Idul Fitri, secara tidak langsung semakin tinggi tingkat kerawanan yang ada di tempat wisata itu sendiri.

Ia menghimbau bagi orang tua maupun keluarga setiap pengunjung agar terus mengawasi keluarganya, khususnya saat sedang bermain ataupun sedang melakukan aktivitas apa saja. Jangan lengah ataupun terlepas dari pantauan.

“Kami selalu menekankan kepada pengunjung untuk terus mengawasi keluarga hingga barang bawaannya saat di dalam lokasi wisata,” kata AKBP Danang.

Orang nomor satu di Polres Blitar Kota ini menambahkan patroli sekaligus penyampaian himbauan kamtibmas ini, memang telah menjadi salah satu wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat, khususnya dalam menjaga situasi di wilayah agar tetap aman dan kondusif.

“Ini adalah bukti kehadiran dan kepedulian Polri kepada masyarakat hingga menjaga dan menjamin situasi kamtibmas di setiap wilayah tugas, tetap jaga keselamatan dan selalu berhati hati.” tutupnya.