Polres Blitar Kota menggelar Apel kesiapan  dalam penanganan terpadu Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Kegiatan ini dilaksanakan di kawasan hutan Desa Sumberingin, Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar. Kegiatan itu melibatkan  personel Polri dan TNI, Perhutani, Pemadam Kebakaran, BPBD, Sat Pol PP, Orari, Rapi  dan Juga warga masyarakat peduli lingkungan

  Dalam apel tersebut juga diadakan  simulasi yang digambarkan adanya hutan yang terbakar. Sejumlah masyarakat serta petugas dari Polri dan TNI, melakukan upaya pemadaman. Selain menggunakan tongkat kayu, api dipadamkan dengan menggunakan alat berupa tabung pemadam. Kemudian, mobil PMK datang dan api dengan cepat bisa dipadamkan.

Kapolres Blitar Kota AKBP Heru Agung Nugroho S.I.K mengatakan, apel dan simulasi itu dilakukan agar semua pihak memiliki dasar kemampuan menanggulangi api saat Karhutla terjadi, di wilayah hukum Polres Blitar Kota yang berdekatan dengan kawasan Hutan seperti di Wilayah Kec. Sanankulon , Kec. Ponggok dan juga wilayah kecamatan Nglegok yang mana ada hutan lindungnya.

” Maka dari itu sebelum ada kejadian kebakaran hutan, kami lakukan apel dan simulasi ini. Sehingga saat kebakaran itu benar-benar terjadi, kita semua sudah memiliki dasar tentang apa apa yang harus dilakukan,dan diharapkan, simulasi itu menambah tingkat kewaspadaan semua elemen masyarakat. “Semua pihak harus bisa berupaya untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran,”” jelas Kapolres , Rabu (4/10/2017).

T