Setiap hari, setiap pagi pukul 08.00wib, segenap anggota Polsek Sanankulon melaksanakan apel terlebih dahulu yang diambil langsung oleh Kapolsek Sanankulon AKP mulyani SH. Apel pagi sejatinya sudah menjadi kewajiban kita sejak di Lembaga pendidikan. Oleh sebab itu harus tetap dilaksanakan meskipun kita sudah bertugas di kesatuan kewilayahan.

Apel pagi begitu banyak fungsinya, diantaranya adalah untuk mengecek kesiapan anggota sebelum melayani masyarakat. Ini penting karena sebagai fungsi kontrol terhadap kesiapan anggota. Disamping itu, dengan apel pagi pimpinan atau Kaposek dapat menyampaikan beberapa materi atau arahan kepada seluruh anggota untuk dilaksanakan.

Yang lebih utama dari makna apel pagi adalah sebuah kebersamaan dan kekompakan diatara sesama anggota. Saling silaturahmi akan menjauhkan diri dari hal-hal yang negatif apalagi saat apel pagi diawali dengan berdoa secara bersama sama. Kapolsek Sanankulon menegaskan kembali akan pentingnya melaksanakan apel pagi, “kita harus siap melayani masyarakat dengan kebersamaan dan kekompakan serta dilandasi dengan niat yang tulus iklas sehingga kan bernilai ibadah dihadapan Allah Tuhan Yang Maha Esa. amin.