Hari ini Kamis, 19 Desember 2019 pukul 07.30 WIB Polres Blitar Kota melaksanakan Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2019 yang bertujuan untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Polres Blitar Kota dalam perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Operasi Lilin Semeru 2019 dilaksanakan di depan Mapolres Blitar Kota. Dan dilanjutkan dengan pemasangan pita operasi oleh Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, S.H., S.I.K., M.H. kepada perwakilan peserta operasi yaitu Polri, TNI dan Dishub.

Operasi Lilin Semeru 2019 ini dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020. Polres Blitar Kota juga mendirikan beberapa Pos dalam Operasi Lilin tahun ini, yaitu Pos Pengamanan di Alon-Alon Kota Blitar, Pos Pelayanan di Wisata Penataran Kecamatan Nglegok dan Pos Pengamanan di Pasar Srengat Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Selain itu terdapat juga Pos Pantau antara lain berada di depan Taman Kebon Rojo, Terminal Blitar dan tempat pelayanan publik lainnya.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, S.H., S.I.K., M.H. mengatakan ada 171 personil  Polri yang akan diterjunkan untuk mengamankan perayaan hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Pihaknya juga mendapatkan bantuan personil dari TNI , Dinkes, Dishub, Satpol PP, Orari / Rapi, Pramuka dan Damkar baik dari Kota dan Kabupaten Blitar.