Polres Blitar Kota dan jajaran tingkatkan giat patroli antisipasi kejahatan yang dapat timbul apabila ada niat dan kesempatan, ditambah dengan adanya pertandingan sepak bola antara Persebaya vs Arema yang terkenal sebagai musuh bebuyutan termasuk suporternya. hal inilah yang mendasari pelaksanaan kegiatan patroli Blue Light dan dilakukan penyekatan titik titik rawan di seputaran wilayah hukum Polres Blitar Kota. Guna mengantisipasi tindak kejahatan dan kriminalitas di wilayah hukum Polres Blitar Kota beserta jajarannya melaksanakan kegiatan patroli dan monitoring di wilayah hukum Polres Blitar Kota hari Kamis tanggal 15 Agustus 2019.

Dalam kegiatan antisipasi dan penyekatan tersebut petugas patroli turut menyampaikan pesan dan himbauan kamtibmas agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati, selalu jaga kerukunan dan stabilitas keamanan di lingkungan. Tidak hanya itu petugas Patroli Polri juga bekerja sama dengan pihak terkait dalam mengantisipasi apabila terdapat sejumlah massa yang akan memasuki wilayah hukum Polres Blitar Kota dan jajarannya.

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K M.Si melalui Kasubbag Humas Ipda Ahmad Wahyu Djatmiko mengatakan dampak pertandingan sepak bola antara Persebaya dan Arema juga dirasakan Kota maupun kabupaten di sekitar Malang, termasuk di kota Blitar. Sebagai langkah antisipasi pihak kepolisian, dilaksanakan patroli dan penyekatan pada titik titik rawan kemungkinan jalur yang akan dilewati. Petugas juga sembari bersiaga di titik rawan juga sampaikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat untuk selalu menjaga kerukunan dan menjaga stabilitas keamanan baik diri sendiri maupun lingkungan.