Polres Blitar Kota dalam mengantisipasi dan menangani pemulasaraan jenazah terkait korban virus Corona atau COVID-19, memberikan pelatihan kepada sejumlah personil Polres Blitar Kota termasuk jajaran Polsek. Dalam pelatihan, personil mendapat pengetahuan tata cara memelihara jenazah terkait Covid-19 hari Rabu tanggal 06 Mei 2020 yang dilatihkan langsung dari dokter forensik Rumah Sakit Bhayangkara Kediri.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, SH, SIK, MH mengungkapkan personil Polres Blitar Kota dan Polsek jajaran diberikan pengetahuan dan pelatihan untuk pemulasaran jenazah korban virus corona. Pelatihan dilaksanakan dua kali, Senin dan Rabu. Pelatihan pertama materinya soal memakai APD (alat pelindung diri). Itu kelihatannya sepele, tapi ada tata caranya. Untuk hari ini materinya cara merawat jenazah terkait Covid-19.

Leonard menambahkan yang melatar belakangi Polres Blitar Kota melakukan pelatihan pemulasaraan jenazah terkait Covid-19 karena keterbatasan tenaga medis, juga terjadi beberapa kasus penolakan masyarakat terhadap jenazah terkait Covid-19. Dari situ, Polres Blitar Kota harus membuat tim yang khusus menangani masalah itu. Tim ini untuk mengantisipasi kalau ada penolakan masyarakat atau keterbatasan tenaga medis. Sehingga nantinya dilapangan bukan hanya pengamanan namun juga terjun apabila dibutuhkan dan dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan.