Dengan rutin menggelar patroli Bluelight, menyalakan lampu rotator biru, akan dapat memelihara dan meningkatkan keamanan serta ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Terlebih situasi beragam yang dapat terjadi di jalan raya maupun lingkungan pada malam hari.

Tujuan utama pada kegiatan ini yaitu untuk mengamankan wilayah hukum Polsek Ponggok dari tindak kriminalitas, gangguan Kamtibmas begitu juga musibah maupun kejadian-kejadian lainnya. Terutama dijalanan yang sepi dan lengang namun rawan akan tindak kriminalitas pada dini hari.

Giat patroli bluelight yang dilaksanakan oleh Aiptu Aris bersama Briptu Gatot menyasar area Jalan Raya Desa Bendo

Patroli Blue Light dilakukan dengan menyusur dan memantau tempat dan jam-jam rawan adanya tindak kejahatan dan gangguan Kamtibmas lainnya dengan menggunakan mobil patroli dinas dan menyalakan lampu rotator berwarna biru.

Selain itu, giat patroli Bluelight ini dapat sekaligus menjadi antisipasi jika terjadi laka lantas, maupun musibah lainnya yang menimpa di jalan raya, terlebih pada musim penghujan.

Dengan adanya patroli blue light diharapkan mampu memberikan dampak bagi situasi Kamtibmas, diantaranya dapat mengurungkan niat para pelaku kejahatan, terutama pada jam-jam rawan.