Polsek Sukorejo Polres Blitar Kota – Antisipasi banjir, Polsek Sukorejo intens mengecek mengontrol debit air di sepanjang kanal sekaligus menghimbau masyarakat agar menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, Senin (6/1/2020).

Berdasarkan data BMKG, Awal tahun 2020 hingga sepekan kedepan diperkirakan Intensitas curah hujan akan lebih meningkat. Kapolsek Sukorejo Kompol Slamet Pujiono, SH disela-sela apel mengingatkan bahwa saat ini seluruh personil utamanya Bhabinkamtibmas Polsek Sukorejo selalu aktif melakukan berbagai upaya Kamtibmas guna menciptakan situasi aman dan kondusif di wilayahnya masing-masing.

Selain itu, kata Kapolsek, terutama di musim penghujan saat ini, perlunya wilayah Kecamatan Sukorejo sepanjang Kanal yakni Kelurahan Karangsari, Kelurahan Sukorejo, Kelurahan Pakunden dan Kelurahan Blitar, dalam hal ini terdapat sungai besar di wilayah hukum Polsek Sukorejo yang setiap saat hujan deras bisa mengakibatkan aliran sungai meluap dan bisa menggenangi rumah dan jalan, untuk itu agar setiap saat di kontrol debit air yang ada di kanal tersebut guna mengantisipasi banjir karena luapan air kanal yang sudah tinggi.

Lanjut Kapolsek, koordinasi dengan pihak terkait dan tidak bosan menghimbau warga agar menjaga kebersihan yakni tidak membuang sampah sembarangan. Dilain sisi agar melarang anak-anak tidak mandi-mandi dan berenang di Kanal.

Arahan tersebut ditindak lanjuti oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Karangsari Aipda Tinton Susanto, SH melaksanakan pengecekan debit air bersama tokoh masyarakat.

Dalam pengecekan di lokasi tersebut sekaligus menyampaikan agar seluruh masyarakat selalu waspada terhadap luapan air kanal apabila debit air tiba-tiba naik karena hujan tak kunjung berhenti apalagi pada malam hari. Selain itu Bhabinkamtibmas menghimbau warganya agar tidak membuang sampah di sekitar kanal guna mencegah terjadinya penyumbatan oleh sampah yang bertumpuk.

“Setiap musim penghujan, seperti tahun lalu-lalu Tokoh Masyarakat aktif mengajak kami selaku Bhabinkamtibmas dan juga Babinsa bersama-sama mengecek ketinggian air kanal sekaligus Patroli ke beberapa rumah warga untuk memberikan himbauan kamtibmas, antispasi akan adanya banjir, dan gangguan kamtibmas lainnya.

Saya berterimakasih kepada anggota Polsek yang sudah memberikan perhatian kepada masyarakat yang berdomisili di sekitar sepanjang Kanal”, ucap Salah satu Masyarakat.