Kota Blitar – Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang perayaan Tahun Baru 2024, jajaran Polres Blitar Kota melakukan kegiatan patroli rutin yang ditingkatkan di sejumlah wilayahnya. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi kerawanan dan memastikan kondusifitas wilayah jelang pergantian tahun.

Anggota Polres Blitar Kota melakukan operasi senyap balap liar dan knalpot brong di sejumlah titik wilayah Kota Blitar, Sabtu 30/12/2023.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Blitar Kota Ipda Suratno mengatakan, kepolisian melakukan razia di tujuh titik, seperti di Jalan Merdeka, Jalan Cemara, Jalan Ir. Soekarno, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Sudanco Supriyadi, dan lain sebagainya. Hasilnya, kepolisian mengamankan sebanyak 52 unit kendaraan sepeda motor yang diindikasikan akan digunakan balap liar.

“Dipimpin langsung Kasat Samapta, kami melakukan operasi senyap balap liar dan knalpot brong. Ada 52 sepeda motor yang diamankan dan diindikasikan akan dipakai untuk balap liar,” kata Ipda Suratno, Minggu (31/12/2023).

Ipda Suratno mengaku, selama ini kepolisian sering mendapat keluhan dan laporan dari masyarakat tentang maraknya aksi balap liar yang mengganggu aktivitas. Sehingga, kepolisian bersama jajaran terkait selalu rutin melakukan operasi balap liar dan knalpot brong di sejumlah titik lokasi.

“Banyak sekali laporan dari masyarakat baik di Jalan Cemara, dan lainnya. Namun demikian kami tidak harus menunggu aduan dari masyarakat, secara rutin kami melakukan operasi balap liar dan knalpot brong,” ujarnya.

Guna menjaga situasi dan kondisi tetap terjaga saat malam pergantian tahun. Polres Blitar Kota menghimbau masyarakat untuk mentaati tata tertib berlalu lintas, serta diminta tidak melakukan aksi konvoi kendaraan di jalan raya.

Hal itu diungkapkan oleh Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo PS. Kepolisian tidak segan untuk menertibkan aksi masyarakat yang menggelar konvoi di jalan raya saat merayakan malam pergantian tahun. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Polres Blitar Kota akan menyebar personel untuk mengantisipasi adanya aksi konvoi kendaraan masyarakat.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas saat malam perayaan tahun baru besok lusa,” tambahnya.