Pada hari Rabu tanggal 30 Oktober 2019 sekitar jam 08.00 Wib telah dilaksanakan istighosah dan dilanjutkan sholat Istisqa yaitu sholat meminta Hujan, kegiatan tersebut dilaksanakan di jalan Sumber Mantenan Desa Sukorejo Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar.

Dalam pelaksanaan sholat Istisqa tersebut di ikuti kurang lebih 1000 (seribu) orang, yang terdiri dari Muspika, pejabat Desa / kepala Desa seluruh Udanawu beserta perangkatnya, para Ulama, para Kiyai, ibu Nyai, para Ustadz dan Ustadzah se Udanawu, para santri dan santriwati pondok Mantenan Udanawu, para tokoh masyarakat, warga masyarakat dan siswa siswi MA Ma’arif Bakung Udanawu.

Sholat Istisqa tersebut bertujuan untuk meminta hujan kepada Alloh SWT, mengingat musim kemarau ini sangat panas dan sumber air banyak yang surut air, para petani kesulitan dalam mengairi sawah nya karena sumber air terlalu dalam, dengan melaksanakan sholat Istisqa tersebut semoga Alloh SWT segera memberikan hujan agar tanah dan tanaman menjadi subur.

Saat kegiatan tersebut anggota Polsek Udanawu Aiptu Budi Santoso dan Bripka Agus Sugiarto melaksanakan pengamanan dan melakukan penutupan jalan yang di bantu oleh anggota Banser se Udanawu, agar kegiatan sholat Istisqa bisa berjalan dengan khidmad dan khusu’.

Pelaksanaan sholat Istisqa tersebut berakhir sekitar pukul 10.00 Wib, dan sepanjang jalan Desa Sukorejo Warga masyarakat telah menyediakan minuman es maupun makanan untuk di shodaqoh kan kepada para jamaah yang selesai melaksanakan sholat Istisqa tersebut.