Dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19, Polres Blitar Kota menggelar vaksinasi di SMKN 1 Udanawu pada hari Rabu, 29 September 2021 yang terletak di Desa Slemanan Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar.

Akp. Anjun Sudaryanto S.Sos., selaku Kapolsek Udanawu di dampingi Kanit Samapta dan Kanit Provos serta anggota Polsek Udanawu melaksanakan pemantauan giat vaksinasi untuk siswa-siswi SMKN 1 Udanawu.

Petugas pelaksanaan vaksinasi dari Nakes Polres Blitar Kota dan dari Nakes Puskesmas Udanawu, sedangkan untuk sasaran vaksinasi sebanyak 1.450 dengan Vaksin Sonivac Dosis 1.

Selain melaksanakan pemantauan Kapolsek Udanawu beserta anggotanya juga melaksanakan pengamanan sekaligus melaksanakan pengawasan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19.

Mengingat Vaksin ini sangat penting untuk menangkal virus Corona atau Covid-19, Karena dengan Vaksin Covid-19 dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus Corona, dapat mengurangi resiko penularan Covid-19, Ketika tertular Covid-19 Vaksin dapat mencegah terjadinya gejala yang berat dan dengan Vaksin akan mencapai imunitas kelompok atau herd immunity.

Setiap siswa atau siswi sebelum di Vaksin dilakukan screening dulu oleh petugas dan dilanjutkan pemeriksaan kesehatan, untuk mengetahui bisa tidaknya untuk di Vaksin. Bagi siswa atau siswi yang lolos pemeriksaan kesehatan akan di vaksin dan apabila tidak Lolos pemeriksaan akan dijadwalkan kembali untuk vaksinnya.

Saat di temui Kapolsek Udanawu Akp Anjun Sudaryanto S.Sos mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini di SMKN 1 Udanawu ini adalah salah satu upaya percepatan vaksinasi untuk memutus mata rantai Covid-19. Kapolsek Udanawu juga menghimbau agar para siswa dan siswi tetap mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19. ” Ucap Kapolsek”.