Setiap hari personil Polsek Ponggok melaksanakan kegiatan patroli dialogis pada obyek vital yang ada di wilayah kecamatan Ponggok, salah satunya di kawasan pasar tradisional yang ada di Desa Sidorejo untuk mengetahui situasi Kamtibmas.

Kegiatan patroli dialogis dengan berjalan kaki memasuki pasar tradisional untuk mengetahui aktivitas masyarakat yang sedang melakukan transaksi jual beli.

“Selain memantau situasi Kamtibmas juga memantau ketersediaan dan harga kebutuhan pokok atau Sembako yang menjadi kebutuhan masyarakat,” ujar salah satu personil yang melaksanakan kegiatan patroli Bripka Suhariyono, yang melakukan patroli di pasar tradisional, Minggu, (21/01/2024).

Menurut Bripka Suhariyono, selain memantau situasi Kamtibmas. Ia juga menyempatkan diri berdialog dan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada pedagang dan pengunjung pasar agar tidak menjadi korban kejahatan termasuk senantiasa menjaga kebersihan yang ada di lingkungan pasar.

Tidak lupa juga, ia melakukan pengecekan stok dan harga sembako seperti minyak goreng dan telur di pasar tersebut.

“Dari hasil pemantauan Sembako tadi harganya masih normal tidak ada barang sembako seperti minyak goreng, telor ayam dan lain-lainnya tidak ada yang langka atau naik drastis, semuanya masih terjangkau oleh masyarakat,” katanya.

Kegiatan patroli dialogis menjadi sarana untuk mengetahui ataupun mendengar keluhan langsung masyarakat mengenai situasi Kamtibmas ataupun informasi lainnya yang perlu segera ditindaklanjuti.

Sementara itu Kapolsek Ponggok AKP Sujarwo, S.H., M.H. pada kesempatan sebelumnya mengatakan “kegiatan patroli dialogis sudah menjadi tugas Polri untuk memantau situasi Kamtibmas yang ada di wilayah hukum Polsek Ponggok, salah satunya di kawasan pasar tradisional,” pungkasnya.