Akan diadakan lanjutan pertandingan Liga 1 Indonesia pekan 30 antara Persebaya vs Persik Kediri di Stadion Brawijaya Kota Kediri. Dalam hal ini panitia penyelenggara telah menentukan bahwa pertandingan tanpa penonton atau supporter, dikarenakan pertimbangan keamanan. Oleh karena itu Polsek Udanawu melalui anggotanya melaksanakan penyekatan supporter di perbatasan Kediri-Blitar agar tidak ada yang datang menuju ke Brawijaya. Sabtu, 18 Maret 2023.

Dibawah kepemimpinan wakapolsek Udanawu Iptu F. Agus Supriyanto yang membawa anggota Polsek Udanawu melaksanakan apel terlebih dahulu untuk memberikan arahan tata cara bertindak. Kemudian dilanjutkan menghentikan kendaraan yang menuju arah Kediri untuk dilakukan pemeriksaan. Disini akan diketahui apakah masyarakat atau supporter yang akan menyaksikan pertandingan di Kediri. Pemantauan dilihat dari pakaian dan indentitas diri.

 

Petugas dari Polsek Udanawu terus melakukan pemeriksaan guna mengantisipasi datang supporter dari luar kota, apabila diketemukan maka akan dihimbau kembali pulang. Namun melihat kondisi yang ada bahwa masyarakat yang lewat hari ini hanyalah pengendara yang akan bekerja atau hanya berkunjung ke sanak saudara yang ada di wilayah Kediri dan sekitarnya. Karena memang ciri-ciri supporter bola tidak terlihat sama sekali dari luar. Setelah selesai mereka kembali melanjutkan perjalanan sesuai rencana.

 

Masyarakat yang menyaksikan kegiatan ini sangat mengerti apa yang dilakukan petugas, mereka tidak keberatan karena hanya diperiksa sebentar secara Drive thru setelah itu jalan lagi. Aktifitas ini juga berguna untuk mencegah kriminalitas apapun , dengan adanya polisi di jalan maka aktifitas kejahatan yang akan terjadi akan tertunda karena penampilan anggota Kepolisian yang siap melayani dan melindungi masyarakat.

 

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S. Sos ketika ditemui “sudah menjadi tugas Kepolisian untuk berperan di jalan. Apalagi di perbatasan Kediri-Blitar memang wilayah dari Polsek Udanawu. Penyekatan ini guna menghalau massa supporter yang akan berangkat ke Kota Kediri, karena pertandingan digelar tanpa penonton maka siapapun tidak diperbolehkan melihat secara langsung kecuali tim dan panitia di dalam Stadion. ” Ujar Kapolsek Udanawu