Blitar Kota – Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono memimpin pembinaan tradisi pembaretan terhadap bintara remaja yang baru ditempatkan di Polres Blitar Kota, Sabtu (25/02/2023).

Pembinaan tradisi tersebut di ikuti sebanyak 36 peserta Bintara remaja dan di hadiri para pejabat utama Polres Blitar Kota, Kapolsek Jajaran, Ketua Bhayangkari Cabang Blitar Kota Ny Marina Argo dan anggota Bhayangkari Cabang Blitar Kota.

Tradisi pembinaan bintara remaja dilaksanakan secara rutin setiap ada bintara yang baru masuk menjadi anggota Polres Blitar Kota dimana tradisi ini sebagai langkah awal bagi para bintara remaja yang akan melaksanakan tugas sebagai insan bhayangkara, guna menambah wawasan pengetahuan, kapasitas dan kompetensi bagi para bintara remaja.

Serangkaian kegiatan pembinaan tradisi diawali dengan Panggilan Luar Biasa di Mapolres Blitar Kota hari Jum’at (24/02) malam Pkl 23.00 Wib. Kemudian dilanjutkan longmarch atau berjalan kaki sejauh 20 kilometer dengan start dari Mapolres Blitar Kota menuju Gunung Pegat.

Selanjutnya turun dari Gunung Pegat turun di pertapaan menuju di Pos 2 yaitu Mushola Kawedusan dan setelah isoma menuju Maliran melaksanakan dapur umum.

Sesampaimya di Hutan Maliran Sabtu (25/02) pagi dilaksanakan upacara penutupan dan pembaretan yang ditandai dengan penyiraman air kepada para Bintara Remaja.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono mengatakan, acara pada hari ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Polres Blitar Kota sebagai pembinaan tradisi bagi Bintara remaja.

Dikatakan Kapolres, kegiatan ini rutin dilaksanakan dengan tujuan untuk membentuk karakter-karakter anggota Polri yang disiplin, loyalitas, berdedikasi, solid dan bisa bekerjasama dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di wilayah Hukum Polres Blitar Kota.

”Selamat datang dan selamat bergabung bintara remaja di Polres Blitar Kota, semoga dengan adanya tradisi ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap institusi dan melatih fisik guna menunjang kemampuan dilapangan,” Kata Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono.

AKBP Argowiyono juga menyampaikan harapannya kepada bintara-bintara remaja ini bisa menjadi Polisi yang berkarakter.

“Saya minta kepada seluruh Bintara remaja dalam setiap pelaksanaan tugas agar menanamkan dalam diri bekerja tanpa diperintah, bertanggung jawab tanpa diminta, disiplin tanpa diawasi serta menjadi polisi baik yang bermanfaat dan tidak menyakiti,” pungkasnya.