Polsek Sanankulon – Kanit Binmas Polsek Sanankulon Aiptu Sutomo beserta anggota Bripka Dwi Hardi melaksanakan patroli sekaligus mengecek saluran air yang ada di Desa Sumber Kecamatan Sanankulon. Tujuan pengecekan saluran air ini adalah untuk memastikan bahwa tidak ada sumbatan atau tumpukan sampah yang dapat berakibat meluapnya air saat hujan turun sehingga berpotensi menimbulkan banjir yang merugikan masyarakat. Rabu, 15 Januari 2020.

Kanit Binmas juga menghimbau kepada warga masyarakat sekitar untuk sering atau secara berkala memantau saluran air dan membersihkannya apabila terdapat tumpukan sampah. Kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai masih sangat minim yang mengakibatkan sungai atau saluran air menjadi kotor dan dapat mengakibatkan aliran air tidak lancar karena sumbatan sampah.

Kapolsek Sanankulon AKP Agus Hendro Tri S, SH mengatakan bahwa pengecekan aliran air ini rutin dilaksanakan di desa desa atau aliran sungai saat musim penghujan saat ini. Ini merupakan salah satu upaya untuk cegah serta antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir. Tidak ada yang mengharap datangnya sebuah bencana, namun kita mempunyai kewajiban untuk mencegah dengan cara peduli terhadap lingkungan sekitar kita. Kami juga mengajak masyarakat agar berperan aktif dalam kegiatan sebagai bentuk dari antisipasi banjir yaitu dengan kerja bakti membersihkan saluran air dan bergotong royong memperbaiki saluran yang tersumbat sehingga air tidak tertahan atau tersumbat yang dapat menyebabkan genangan air hingga terjadi banjir yang merugikan masyarakat. tutur Kapolsek Sanankulon.