SURABAYA – Tim Bola Voli Putra Polda Jatim menjadi juara satu di turnamen Kapolri Cup 2024, setelah mengalahkan tim Polda Jawa Barat dengan skor 3-1.

Sementara tim bola voli Putri Polda Jatim menjadi Runner up setelah kalah dari Polda Kalbar, yang digelar di GOR Terpadu A. Yani Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (12/10).

Kemenangan tim bola voli putra Polda Jatim ini menjadi kado terindah di Hari Ulang Tahun Provinsi Jawa Timur ke-79.

Kedatangan para atlet Polda Jatim, disambut laangsung oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Pasma Royce didampingi pejabat utama (PJU) Polda Jatim, di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Minggu (13/10/2024).

Kabidhumas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto melalui Kaurpenum Subidpenmas pada Bidhumas Polda Jatim, Kompol Rizal Ardhianto mengatakan bahwa kemenangan tim bola voli putra Polda Jatim di turnamen Kapolri Cup 2024, tidak lepas dari kerja keras tim mulai penyisihan hingga menuju ke final dan menjadi juara satu.

“Kami ucapkan syukur Alhamdulillah, kemenangan tim bola voli putra Polda Jatim ini hasil kerja keras semua tim,” ungkap Kompol Rizal Ardhianto, Minggu (13/10/2024).

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol. Imam Sugianto dengan membawa Piala dari Kapolri dalam kejuaraan ini, tampak senang atas peraihan prestasi tim bola voli putra-putri Polda Jatim.

Didampingi Wakapolda Jatim Brigien Pasma Royce, Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Christian Tobing selaku manager tim Voli Polda Jatim dan Wakapolresta Sidoarjo AKBP Bayu Suta, menyambut langsung kedatangan tim voli putra dan putri di Bandara Juanda, Minggu (13/10/2024).

“Prestasi membanggakan ini dengan memboyong Piala Kapolri merupakan kado Istimewa buat Provinsi Jawa Timur yang merayakan hari jadi ke-79,” ujar Kapolda Jatim Irjen Pol. Imam Sugianto.

Kapolda Jatim yang juga Ketua Umum PBVSI Pengprov Jatim ini mengatakan, kemenangan yang diraih ini tidak instan namun melalui proses panjang.

Hal senada disampaikan oleh Kapolresta Sidoarjo Kombes Christian Tobing mengatakan bahwa prestasi tim voli Polda Jatim juga tak lepas dari bimbingan dan perhatian Kapolda Jatim sebagai Ketua PBVSI Pengprov Jatim.

Ia mengungkapkan hasil yang diraih bukti kerja keras para pemain, official, beberapa pihak terkait dan dedikasi seluruh pemain serta pelatih.

Selain itu dorongan hingga dukungan penuh Kapolda Jatim Irjen. Pol. Imam Sugianto dalam persiapan menghadapi turnamen menjadi support yang luar biasa.

“Apalagi support dari Bapak Kapolda Jatim yang kita lihat sendiri selalu hadir di setiap tim kita bertanding, tentu membawa dampak semangat yang luar biasa buat tim voli Polda Jatim,” imbuhnya

Kombes Christian berharap dengan kemenangan ini dapat memotivasi atlet-atlet muda di daerah untuk terus berlatih dan mengembangkan potensi mereka di cabang olahraga bola voli.

Sementara itu pelatih tim putra, Iwan Dedi Setiawan mengatakan, pihaknya merasa bersyukur dengan kemenangan tim asuhannya di laga final.

“Saya bersyukur tim saya bisa menang. Tertinggal 20-24 di set keempat dan kita bisa mengejar sampai bisa menang itu luar biasa,” tutur pelatih yang lebih akrab disapa Giso usai laga.

Jatim selain mendapat medali dan piala tetap serta piala bergilir juga menerima hadiah uang pembinaan sebesar Rp 500 juta. Sedangkan Jabar mendapt Rp 350 juta sebagai runner-up.

Selain itu, Jatim juga menerima gelar pemain terbaik (MVP) yang diraih Agil Angga Anggara dan mendaptkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 20 juta.

Di samping itu, Jatim juga menerima hadiah best libero yang diraih Hendry Ade dan best middle blocker diraih Teddy Oka Syaputra.

Sedangkan best outside hitter ditempati Hayun Muhammad dari Kalsel, best opposite spiker diraih Muhamad Fikri Mustafa Kamal dari Jabar.

Dan best setter diraih Jasen Natanael Kilanta dari Jabar. Semua best itu mendapat hadiah uang pembinaan masing-masing sebesar Rp 10 juta. (*)