BLITAR KOTA – Kenakalan remaja adalah suatu perbuatan yang melanggar norma, aturan, atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau transisi masa anak-anak ke dewasa jika perbuatan tersebut dibiarkan.

Perilaku tersebut akan merugikan diri sendiri maupun orang lain orang di sekitarnya, hal tersebut disampaikan anggota Satgas Operasi Bina Kusuma Polres Blitar Kota saat menggelar sosialiasi di masa new normal Kota Blitar di SMAN 1 Kota Blitar, Tempat Wisata Makam Bung Karno, Tempat Wisata Istana Gebang, Pengasuh Ponpes Saihul Muhtadien Kyai Anas, dan Tokoh Masyarakat Plosokerep Bapak Suryanto, Kamis (04/11/2021).

Sambil mengunjungi di tiap lokasi, Tim Satgas Operasi Bina Kusuma Polres Blitar Kota mengatakan, sejumlah faktor yang mendorong perilaku kenakalan remaja diantaranya lemahnya pendidikan agama, salah memilih teman lingkungan tempat tinggal yang kurang baik.

Untuk mencegah perilaku kenakalan remaja Satgas Ops Bina Kusuma Polres Blitar Kota, menghimbau kepada para pelajar dan masyarakat mestinya membentengi diri dengan ajaran agama yang baik, pintar dalam bergaul, dan tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif yang dapat merusak diri sendiri.

“Mengkosumsi minuman keras, narkoba, seks bebas hingga tawuran antar pelajar dewasa ini, kerap dilakukan oleh anak sekolah. Saya harap adik-adik tidak termasuk didalamnya karena sekali salah melangkah maka untuk memperbaikinya akan sulit dan tinggal penyesalan yang tersisa,” ungkap Ipda Rudi

“Marilah Kita bawa diri ke arah yang positif agar tidak menyusahkan diri sendiri, orangtua dan keluarga. Tumbuhkanlah semangat belajar demi meraih sukses di masa depan dan bergaulah dengan teman yang suka mengajak ke hal yang baik bukan sebaliknya” pesannya kepada pelajar SMAN 1 Kota Blitar.

Pada kesempatan tersebut, Tim Satgas Operasi Bina Kusuma Polres Blitar Kota menyampaikan istilah new normal yang sering digunakan selama pandemi ini telah diganti diksinya menjadi adaptasi dengan kebiasaan baru.

Berkaitan dengan masa adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi covid-19, Satgas Ops Bina Kusuma mengajak para pelajar dan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah dengan selalu mengenakan masker dan tetap menjaga jarak dengan orang lain.

Satgas juga mengajak pelajar untuk selalu menjaga kebersihan sekitar lingkungan masing masing, mengkosumsi makanan yang sehat untuk meningkatkan imun tubuh serta melakukan olahraga ringan.

Operasi ini mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dalam rangka penanggulangan penyakit masyarakat terutama kenakalan remaja dan premanisme seperti mabuk-mabukkan, geng motor, jambret, penyalahgunaan narkoba di Wilayah Hukum Polres Blitar Kota. (mda-humas)