Kota Blitar – Kebersamaan dan sinergitas aparat kepolisian, TNI dan aparatur kelurahan diwilayah kota Blitar baru-baru ini meraih prestasi gemilang dengan mendapatkan penghargaan Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 dalam kategori Sinergi Antar Lembaga. Tiga Pilar kelurahan Pakunden mendapatkan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan atas upaya kolaboratif antara pemerintah, masyarakat, dan lembaga swadaya masyarakat dalam mewujudkan kenyamanan masyarakat dimana tiga pilar kompak dan bahu membahu dalam setiap kegiatan.

Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras tiga pilar Kelurahan Pakunden melalui berbagai program dan inisiatif, ketiga pilar tersebut telah berhasil menciptakan lingkungan yang harmonis dan produktif, memfasilitasi pertumbuhan ekonomi lokal, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Penghargaan yang diterima oleh tiga pilar kelurahan Pakunden didampingi langsung Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo Pambudi. Acara yang berlangsung di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Kamis malam (24/10) dan dihadiri Kapolda jatim Irjen Pol Drs Imam Sugianto, M.Si dan sejumlah pejabat penting Jawa Timur salah satunya bapak Dahlan Iskan mantan menteri BUMN pada era presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Malam Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 merupakan ajang tahunan yang memberikan penghargaan kepada desa-desa dan kelurahan di Jawa Timur atas inovasi dan kontribusi mereka dalam berbagai aspek. Aspek tersebut seperti ketahanan masyarakat, keamanan ketertiban, inovasi pelayanan publik, hubungan program pembangunan nasional maupun wilayah, sinergi antar lembaga, pelayanan publik, hingga partisipasi masyarakat.

Keberhasilan tiga pilar kelurahan Pakunden meraih penghargaan ini tidak lepas dari dukungan semua pihak. Ini adalah bentuk sinergi yang kuat antara pemerintah dan masyarakat. Kita akan terus berkomitmen untuk membangun kolaborasi yang lebih baik demi kemajuan Kelurahan Pakunden.

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S yang turut hadir dalam acara tersebut mengapresiasi pencapaian 3 pilar kelurahan Pakunden.

AKBP Danang yang ditemui Sabtu (26/10/2024) mengatakan, Prestasi ini adalah bukti nyata bahwa sinergi Tiga Pilar antara Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Kelurahan sangat efektif. Dengan penghargaan ini, diharapkan semakin banyak inisiatif positif yang muncul dari masyarakat, dan kolaborasi antar lembaga dapat terus ditingkatkan, demi mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera dan mandiri.

Dengan prestasi yang diraih, diharapkan tiga pilar kelurahan Pakunden dapat menjadi teladan bagi lainnya di wilayah hukum Polres Blitar Kota dalam mewujudkan sinergi antar lembaga yang berkelanjutan dan berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.