Polsek Sanankulon – Anggota Bhabinkamtibamas Polsek Sanankulon Bersama dengan jajaran pemerintah Desa hari ini melaksanakan pengamanan penyaluran Bantuan Sosial Tunai dari Pemerintah/Kementrian Sosial kepada warga masyarakat sebagai kompensasi dari mawabahnya virus corona. KAmis, 7 Mei 2020. Bantuan Sosial Tunai ini merupakan salah satu jaring pengamanan sosial yang disiapkan Pemerintah untuk meminimalisir dampak dari mewabahnya virus Corona atau Covid-19. Saat ini banyak warga yang terdampak akibat Covid-19, ada yang kehilangan pekerjaan yang mengakibatkan berkurangnya penghasilan, sehingga bantuan sosial tunai ini lebih ditujukan bagi masyarakat yang belum pernah menerima bantuan apapun dari Pemerintah. Yaitu lebih ditujukan kepada Keluarga Penerima Manfaat/KPM yang sebelumnya belum pernah menerima bantuan dari Kemensos seperti Program Sembako maupun Program Keluarga Harapan (PKH).

Data masyarakat penerima bantuan social tunai ini adalah pengajuan dari Pemerintah Desa setempat yang sudah melalui serangkaian pemeriksaan dengan tujuan tidak duplikasi atau ganda dengan Data terpadu Kesejahteraan Sosial/DTKS milik Pemerintah/Kemensoso yaitu data penerima bantuan sembako ataupun masuk dalam data keluarga penerima bantuan berupa Program Keluarga Harapan/PKH dan Bantuan Langsung Tunai/BLT. Ini dimaksudkan agar penerima bantuan sosial tunai benar benar tepat sasaran kepada warga masyarakat yang belum tercover bantuan sama sekali dari pemerintah saat pendemi virus corona ini. Adapun bantuan sosial tunai yang diberikan sebesar Rp 600.000 setiap bulannya dan akan berlangsung selama tiga bulan atau tiga tahap penyaluran.

Kapolsek Sanankulon AKP Wahono mengatakan bahwa anggota Bhabinkamtibmas harus melekat pada setiap kegiatan yang diselenggarkan oleh desa binaan. Teknis penyaluran dan penerimaan bantuan social tunai ini sebenarnya melalui PT.Pos Indonesia atau Kantor Pos setempat, namun demikian karena pertimbangan lokasi sehingga pendistribusian bantuan sosial ini dialihkan ke Kantor Desa masing masing. Oleh Sebab demikian anggota Bhabinkamtibmas akan melaksanakan pengamanan sekaligus berikan jaminan keamanan kepada petugas penyalur dan warga masyarakat penerima sehingga kegiatan ini dapat berlangsung lancar aman dan kondusif. Kami juga bersinergi dengan Koramil Sanankulon/Babisa dan Pemerintah Desa (Tiga Pilar) untuk Bersama sama terjun langsu up hing dengan masyarakat untuk memberikan pelayanan prima saat pendistribusian bantuan sosial tunai kepada warga masyarakat terdampak akibat pandemi virus corona ini. Tutur Kapolsek Sanankulon.