Polsek Ponggok Polres BlitarKota melalui Kanit Binmas Ipda SunarnoAipda Kukuh Setyawan dan Bhabinkamtibmas Desa Bendo melaksanakan program bertajuk “Jumat Curhat” yang kali ini sasarannya adalah perangkat desa dan bertempat Desa Bendo Kecamatan Ponggok

Program Jumat Curhat merupakan salah satu upaya pembinaan Polri dengan masyarakat, dimana Polri dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat untuk mendengarkan saran, kritikan, masukan serta aduan masyarakat terkait dengan pelayanan kepolisian, Jumat (28/06/2024)

Dalam kegiatan tersebut berbagai persoalan disampaikan kepada masyarakat terkait situasi kamtibmas, kenakalan remaja, pengurusan SIM dan SKCK.

Perwakilan dari perangkat Desa Bendo keluhkan maraknya penipuan online dengan modus jual mobil lelang oleh orang yang mengaku teman atau saudara jauh, yang selanjutnya korban diiming imingi harga tebus murah dan harus transfer ke rekening pelaku, namun sesaat setelah itu no hp pelaku tidak bisa dihubungi.

Aipda Kukuh menyampaikan bahwa modus penipuan dengan modus Kendaraan lelang sudah banyak terjadi karena warga mudah tergiur dengan penawaran harga mobil yang murah di bawah harga pasaran. Selanjutnya , korban tidak konfirmasi kepada keluarga atau teman dimaksud terkait kebenarannya. Sehingga dengan mudah Percaya dan transfer sejumlah uang yang diminta pelaku.

Kecenderungan nya pelaku akan melancarkan aksinya di sore hari atau hari libur. Agar transaksi perbankan tidak bisa segera diblokir mengingat bank sudah tutup. Untuk itu diharapkan warga masyarakat jangan mudah percaya terhadap program lelang atau penawaran dari orang yang belum jelas dikenali. Apalagi menawarkan harga jauh dibawah harga pasaran. tutupnya