TUBAN – Puncak peringatan Haul Sunan Bonang yang digelar Kamis (25/07/2024) dengan kegiatan pengajian umum serta istighosah di Masjid Agung Tuban mendapat pengamanan pihak Polres Tuban.

Dari hasil pantauan di lapangan, terlihat sejak Rabu (24/07) para pedagang baik dari dalam maupun luar Tuban mulai menggelar lapaknya.

Ruas jalan yang dijadikan tempat lapak pedagang yakni di sepanjang jalan K.H. Mustain serta jalan Veteran sisi sebelah barat.

Sedangkan di sepanjang jalan Gubernur Suryo, jalan R.A. Kartini serta depan masjid Agung merupakan kawasan yang steril dari lapak pedagang.

Selain pedagang, nampak ribuan warga yang datang sebagai penziarah maupun hanya sekedar sebagai pengunjung ikut memadati lokasi haul dan sepanjang jalan tempat berjualan.

Mengantisipasi kegiatan ini serta memberikan kenyamanan serta lancarnya kegiatan, Polres Tuban menerjunkan sebanyak 369 personel untuk melakukan pengamanan yang ditempatkan di lokasi maupun di simpul-simpul jalan.

Menurut Kapolres Tuban AKBP Oskar Syamsuddin, S I K., M.T., selain personel Polres Tuban, pengamanan kegiatan tersebut juga melibatkan instansi terkait dari personil TNI, Dinas Perhubungan serta Satpol-PP kabupaten Tuban.

“Untuk pengamanan, kami juga bersinergi dengan rekan – rekan TNI, Satpo PP dan Dishub, ” ujar AKBP Oskar Syamsuddin.

Lebih lanjut AKBP Oskar menerangkan untuk mengantisipasi kemacetan dalam kota pihaknya telah melakukan rekayasa pengalihan arus lalin baik dari arah Semarang maupun Surabaya untuk melewati jalur lingkar selatan.

Untuk meminimalisir penumpukan pengunjung saat Haul berlangsung, para penziarah yang akan menuju makam dengan menggunakan becak dialihkan melewati jalan Pemuda.

“Agar aktivitas kegiatan Haul ini bisa fokus dan pengguna jalan bisa melaksanakan kegiatannya,”pungkas AKBP Oskar. (*)