Pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan hari ini sedang dilaksanakan. Polres Blitar Kota dan Polsek jajaran all out untuk pengamanan seluruh TPS di wilayah hukum Polres Blitar Kota, dimulai dari tahapan pungut suara sampai dengan selesai, demi menjaga keamanan dan tertibnya selama kegiatan Polres Blitar Kota memetakan dan menempatkan anggota pengamanan TPS hari Rabu tanggal 17 April 2019.

Pesta demokrasi lima tahunan yang dilaksanakan hari ini oleh seluruh warga negara Indonesia telah tiba dimana seluruh WNI yang telah memiliki hak pilih pada hari ini berhak menentukan dan memberikan hak pilihnya pada pesta demokrasi Pileg dan Pilpres tahun 2019. Demi keamanan dan kelancaran pungut suara, personel Polres Blitar Kota yang tersprin pengamanan TPS melekat di masing-masing tempat tugasnya monitor kegiatan pembukaan pungut suara dan secara bergiliran melaksanakan pengamanan TPS tempat tugasnya dengan pola pengamanan yang telah ditetapkan yaitu 2-8-16.

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K M.Si melalui Kasubbag Humas Ipda Dodit Prasetyo, SH menjelaskan bahwa personel pengamanan TPS wajib melekat, memetakan kerawanan serta menguasai sekitar untuk mengantisipasi segala potensi gangguan kamtibmas yang bisa saja timbul dan segera melaporkan kepada pimpinan guna mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan. Pengamanan puncak pesta demokrasi sekaligus menjadi pertaruhan Polri bahwa Polri siap mengamankan dan menyukseskan Pemilu 2019 yang damai dan bermartabat.