Warga masyarakat Desa Candirejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar mengelar tradisi budaya sedekah bumi, Sabtu(20/07/2024). Ritual sedekah bumi ini bertujuan untuk mempertahan kan adat budaya warga setempat yang merupakan peninggalan leluhur mereka.

Sedekah bumi tersebut, diadakan dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah Tahun 2024 Masehi, yang di hadiri oleh Kapolsek Ponggok AKP Sujarwo, S.H., M.H. Bhabinkamtibmas Desa Candirejo, Briptu Rizky Eko, Kepala Desa Candirejo, Bapak Suparman, Anggota DPRD Kab. Blitar, Bapak Medi, Perangkat Desa Candirejo, Tokoh Masyarakat dan Warga Masyarakat Dusun Rejoso dan Dusun Gentor.

Kepala Desa Candirejo Bapak Supar dalam kesempatan itu mengatakan, Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa. yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi. Upacara ini sebenarnya sangat populer di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa,yang biasa disebut dengan Suroan.

“Syukuran sedekah bumi ini, dilaksanakan disetiap tahun yang mana bertepatan juga dengan Tahun Baru 1 Muharram 1446 Hijriah tahun 2024 Masehi.” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Ponggok membenarkan bahwa budaya bersih desa atau sedekah bumi dengan mengadakan Selametan tersebut masih dipegang kuat oleh masyarakatnya. “Selain bentuk rasa syukur, juga sebagai ajang silaturahmi dan memupuk soliditas masyarakat ”, pungkasnya.