Dalam melaksanakan pengamanan rangkaian Hari Idul Fitri 1439 H, berbagai persiapan pengamanan telah dilakukan sejak dini. Operasi Kepolisian terpusat bersandikan Ketupat Semeru 2018 akan dilaksanakan selama 18 hari terhitung sejak 7 – 24 Juni 2018. Namun sebelum pelaksanaan operasi tersebut dilaksanakan, Polres Blitar Kota melaksanakan Pelatihan Operasi untuk meningkatkan profesionalisme dalam pelaksanaan rangkaian operasi nantinya. (6/6/2018)

Latihan Pra Operasi Ketupat Semeru 2018 dilaksanakan di Gedung Patriatama Mapolres Blitar Kota. Lat Pra Ops Ketupat Semeru 2018 di Polres Blitar Kota dibuka secara resmi oleh Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar, S.I.K., M.Si.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atasnya diberikan kesempatan untuk melaksanakan upacara pembukaan pelatihan Ops Ketupat Semeru 2018. “Situasi Kamtibmas yang meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri menjadi atensi kita bersama. Selama Hari Raya Idul Fitri sangat diperlukan kegiatan pengamanan dalam rangka arus mudik atau balik, dan kegiatan ĺainnya. Oleh karena itu, dibentuklah Operasi Ketupat Semeru 2018 yang dilaksanakan selama 18 hari mulai tanggal 7 – 24 Juni 2018,” katanya.

 

Adapun tujuan dari Kegiatan Lat Pra Ops Ketupat Semeru 2018 yaitu untuk meningkatkan profesionalisme polri dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, guna mewujudkan situasi yang aman, tertib, dan lancar. Lebih lanjut dijelaskan, agar para anggota Satgas bisa melaksanakan tugasnya sesuai dengan satgasnya masing-masing, mampu mengetahui perkembangan situasi kamtibmas agar bisa melaksanakan pengamanan. Walaupun semua anggota sudah mengetahui tugas umum, namun pelatihan ini diperlukan untuk menambah ilmu dan kemampuan, dalam melaksanakan pengamanan rangkaian kegiatan Idul Fitri 1439 H. (NN)