Sanankulon – Patroli adalah salah satu kegiatan Kepolisian yang dilakukan oleh anggota Polri, sebagai usaha mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas yang disebabkan potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata dengan cara mendatangi, menjelajahi, mengamati, mengawasi, memperhatikan situasi, dan atau kondisi yang diperkirakan menimbulkan gangguan nyata yang memerlukan kehadiran Polri untuk melakukan tindakan-tindakan kepolisian. Dari pengertian patroli tersebut maka Kanit Sabhara Polsek Sanankulon Iptu Sukono bersama anggota melaksanakan patroli dialogis di Desa Sumber Kecamatan Sanankulon. Kebetulan ada acara syukuran disalahsatu rumah warga sehingga patroli singgah di kediaman Bp. Sugino yang merupakan tokoh masyarakat Desa setempat. Minggu 26 Mei 2019 malam.

Dengan mengedepankan sikap humanis dalam melakukan pendekatan serta menjalin tali silaturahmi kepada masyarakat, guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Hukum Polsek Sanankulon, Kanit Sabhara menuturkan kepada masyarakat bawasannya kegiatan patroli dialogis ini  dilaksanakan pada siang maupun malam hari pada jam rawan dengan sasaran pemukiman, perkantoran, tempat ibadah, obyek vital, pasar, Perbankan serta tempat yang dianggap rawan aksi kejahatan.

Dalam kesempatan yang baik tersebut petugas patroli juga menyampaikan himbauan-himbauan kamtibmas kepada masyarakat, salahsatunya adalah senantiasa waspada terhadap lingkungan di sekitar tempat tinggalnya. “Dengan meningkatkan pelaksanaan patroli dialogis ini, pelaksanaan tugas sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan masyarakat dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan diharapkan dengan kehadiran Polri di tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman dan nyaman”. Pungkas Iptu sukono selaku pengendali patroli.