Pada hari Jum’at tanggal 17 Desember 2017 Kanit Binmas Polsek Udanawu Aipda Sunanto menghadiri undangan kegiatan Lokakarya Mini Tribulan IV UPT Puskesmas Udanawu yang dilaksanakan di balai Desa Sumbersari kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar.

Kegiatan Lokakarya mini tersebut di selenggarakan oleh UPT Puskesmas Udanawu secara rutin 3 bulan sekali. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Puskesmas Udanawu Bpk Insuhardi, Camat Udanawu di wakili Bpk Rohman Kasi Kessos, Serma Suryadi Bati Tuud Koramil Udanawu, Aiptu Netran Kanit Propam Polsek Udanawu, Aipda Sunanto Kanit Binmas Polsek Udanawu, Kepala Desa Se- Kecamatan Udanawu dan Undangan kurang lebih 20 orang.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bahan evaluasi dan rencana program kerja lintas sektor baik dari tingkat kecamatan sampai tingkat desa dalam bidang kesehatan masyarakat. Dalam kegiatan Lokakarya mini tribulan IV ini membahas tentang capaian vaksinasi di wilayah kecamatan Udanawu sudah mencapai 74 persen, dari Puskesmas Udanawu akan terus menambah lagi capaian vaksinasi hingga maksimal guna meminimalisir terjadinya wabah virus Corona atau untuk memutus mata rantai Covid-19.

Selanjutnya membahas tentang pentingnya pencegahan stunting, Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya. Cara mengatasi stunting adalah dengan memberi anak nutrisi yang memadai sejak dari dalam kandungan, setelah baru lahir, dan selama masa pertumbuhan.

Bapak Insuhardi selaku Kepala Puskesmas Udanawu menambahkan bahwa di masa pandemi Covid-19 ini perlunya menjaga kesehatan dan tetap mematuhi Protokol kesehatan dan ikut Vaksin bagi yang belum Vaksin, mengingat masa pandemi belum berakhir harus tetap waspada, jangan sampai virus Corona ini ada lagi. Pungkasnya.

Saat ditemui Aipda Sunanto selaku Kanit Binmas Polsek Udanawu menjelaskan bahwa kegiatan Lokakarya mini tribulan ini sangat penting sekali dilaksanakan sebagai bahan evaluasi kerja dan program kerja dalam bidang kesehatan, apabila di masa pandemi ini kita bersama sama lintas sektor bekerja sama dalam penanganan dan penanggulangan penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang mana kita tetap harus mewaspadai jangan sampai ada lagi yang terinfeksi Covid-19.