WhatsApp Image 2017-02-16 at 10.13.33Kabar Polres Blitar Kota ,..Kamis, 16 Februari 2017 sekitar jam 10.00 wita. Kegiatan orientasi para siswa latja DIKTUKBA Polri Lanjutan  TA. 2016 di Polres Blitar Kota dilaksanakan dengan didampingi para mentor ke 48 siswa latja masing masing menerima materi pembelajaran Kepolisian dilapangan di Wilkum Polres Blitar Kota.
Seperti yang dilakukan oleh KBO Intel Iptu Sunadji, memberikan materi tentang intelkam kepada para siswa,Secara khusus, tugas pokok dan fungsi Intelkam di lingkungan Polri diatur berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No. 22 Th.  2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja pada Tingkat Kepolisian Daerah serta Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No. 23 Th. 2010 tentang Susunan Organisasi Dan Tata Kerja pada Tingkat Kepolisian Resor dan Kepolisian Sektor. Pada tingkat Polda terdapat Direktorat Intelkam (Ditintelkam) sebagai unsur pelaksana tugas pokok dalam bidang intelijen keamanan, termasuk persandian dan intelijen teknologi, baik sebagai bagian dari kegiatan satuan-satuan atas, maupun bahan masukan penyusunan rencana kegiatan operasional Polda dalam rangka pencegahan gangguan dan pemeliharaan keamanan dalam negeri. Pada tingkat Polres terdapat Satuan Intelkam (Satintelkam) yang bertugas menyelenggarakan dan membina fungsi Intelijen bidang keamanan, pelayanan yang berkaitan dengan ijin keramaian umum dan penerbitan SKCK, menerima pemberitahuan kegiatan masyarakat atau kegiatan politik, serta membuat rekomendasi atas permohonan izin pemegang senjata api dan penggunaan bahan peledak. Pada tingkat Polsek terdapat Unit Intelkam, bertugas menyelenggarakan fungsi intelijen bidang keamanan meliputi pengumpulan bahan keterangan/ informasi untuk keperluan deteksi dini dan peringatan dini, dalam rangka pencegahan terjadinya gangguan Kamtibmas, serta pelayanan perizinan.
Menurut Iptu Son Adji jadi untuk itu di hari pertama ini , saya beri materi dasar tugas Pokok Fungsi Intel kepada Siswa untuk selanjunya di waktu yang singkat ini kami akan menunjukkan kerja nyata sebagai insan Polri yang mengemban tugas sebagai Intelijent, nantinya bisa praktek secara langsung di lapangan agar Siswa nantinya lebih bisa mengerti apa itu tugas Intelejen,..pungkas Iptu Son Adji…Jk…