Kota Blitar – Menjaga situasi keamanan tetap aman dan kondusif menjadi tugas utama aparat kepolisian. Menindak lanjuti kejadian yang viral beberapa waktu terakhir yang berkaitan dengan perguruan silat, Polres Blitar Kota Polda Jatim menjalin silaturahmi dengan pengurus perguruan pencak silat di wilayahnya. Silaturahmi ini digelar sebagai upaya untuk menjaga persatuan sekaligus situasi tetap kondusif di wilayah.

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S, S.H, S.I.K bersama dengan pejabat utama melaksanakan silaturahmi sekaligus diskusi dengan para pengurus perguruan silat di ruang K3I Sarja Arya Racana Mapolres Blitar Kota. Sabtu (27/07/2024).

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S S.H S.I.K menyampaikan, Kami ingin silaturahmi ini tetap terjalin, antara pihak kepolisian dengan teman-teman perguruan silat. Yang pada intinya kami ingin mengajak untuk sama-sama menjaga persatuan dan kondusifitas. Selain itu kami juga menyampaikan laporan dari masyarakat terkait kegiatan konvoi dan penggunaan flare saat acara pengesahan warga baru perguruan silat. Sehingga, dapat menjadi bahan evaluasi bagi para perguruan silat untuk menjaga komitmen bersama, terkait menjaga ketertiban umum.

Danang menambahkan, terkait pengeroyokan oleh konvoi pencak silat dengan korbannya adalah anggota polisi yang terjadi di Jember, Semoga kejadian seperti ini tidak terulang kembali, baik di jember maupun terjadi di wilayah Blitar.

Polres Blitar Kota juga mengajak perguruan silat untuk menjaga situasi kondusif di wilayah menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Hal itu dimaksudkan agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan secara aman, lancar dan damai.

“Mari kita jaga kondusifitas kamtibmas pada saat menjelang maupun saat berlangsung dan setelah kegiatan pemilihan. Mari bersatu menjaga persatuan dengan perbedaan,” pungkasnya.