Kota Blitar – Tahapan Pilkada Serentak 2024 sudah memasuki masa kampanye. Bertepatan hari ini masa kampanye debat publik. Untuk itu sebelum pelaksanaan debat publik, Polres Blitar Kota amankan tempat atau gedung yang dijadikan lokasi debat public dengan sterilisasi. Sat Sabhara Polres Blitar Kota melaksanakan sterilisasi di areal debat publik calon Walikota dan Wakil Walikota Blitar di Hall Kagawara Hotel Puri Perdana kota Blitar, Rabu (16/10/2024).
“Tujuan sterilisasi adalah untuk mengantisipasi benda atau barang yang dapat membahayakan selama debat publik berlangsung” ungkap Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S, SH, SIK, MH melalui Kabag Ops Kompol Agus Hendro Tri.
Lebih lanjut Kabag Ops menjelaskan bahwa sterilisasi merupakan salah satu prosedur dalam kegiatan pengamanan. “Dengan dilakukannya sterilisasi diharapkan dapat menghindari adanya gangguan berupa bom atau hal – hal lain yang dapat mengancam keselamatan atau mengganggu jalannya acara ” kata Agus Tri.
Sasaran sterilisasi meliputi areal di seluruh gedung baik halaman luar sampai dalam ruangan Gedung Hall Kagawara. Perlu diketahui bahwa Debat Publik Paslon Walikota dan Wakil Walikota Blitar tahun 2024 yang diikuti oleh 2 paslon Calon Walikota dan Wakil Walikota yang terdiri dari paslon nomor 1 yaitu Bambang Riyanto – Bayu Setyo Kuncoro, paslon nomor urut 2 yaitu Syauqul Muhibbin – Elim Tyu Samba.
Mengantisipasi segala kemungkinan dan siap menjaga situasi agar tetap kondusif. Pengamanan dibagi dalam beberapa lapis yang tersebar di berbagai titik. Rekayasa lalu lintas di sekitar Hotel Puri Perdana juga dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan. Namun, rekayasa lalu lintas bersifat situasional tergantung situasi dan kondisi di lapangan.