Kepolisian Resort Blitar Kota dalam upaya pencegahan bencana alam, melakukan reboisasi penanaman 1000 pohon di hutan Maliran Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, hari Kamis tanggal 02 Januari 2020. Hal ini dilakukan guna mencegah dan mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti, banjir dan tanah longsor.

Selain Polri, ikut dalam kegiatan menanam pohon di Hutan Maliran ini diantaranya TNI, Pemkab dan Perhutani.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, SH, S.I.K, MH mengatakan penanaman seribu pohon ini, merupakan gerakan Nasional untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya bencana alam. Setelah penanaman seribu pohon ini, akan kita agendakan untuk penanaman ribuan pohon lainnya. Target kita sepuluh ribu pohon yang akan kita tanam, baik di Polsek-Polsek, maupun di instansi-instansi lainnya.

Lebih lanjut Kapolres Leonard menyampaikan, dipilihnya hutan Maliran, karena di hutan ini, sering terjadi kebakaran dan sebagian wilayahnya banyak yang gundul. Ada beberapa jenis pohon yang kita tanam pada kegiatan ini. Diantaranya, pohon Jati, Sengon dan Sono. Karena Pohon-pohon tersebut mempunyai akar yang kuat, untuk menyimpan kandungan air.

Diharapkan, pohon-pohon itu ke depannya bisa mencegah banjir dan terhindar dari kebakaran hutan.

“Ya kita mulai menanam saat ini. Ini merupakan gerakan nasional tananam seribu pohon. Diharapkan dengan ditanamnya pohon-pohon ini dapat menghijaukan kembali kawasan hutan Maliran,” pungkasnya.