Untuk mengantisipasi terjadinya pengganjalan mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri), anggota Polsek Udanawu melaksanakan pengecekan ruang ATM yang ada di Wilayah Udanawu.

 

Petugas patroli mengecek ruang ATM dengan mengawasi setiap sudut ruang ATM, serta mengecek untuk memastikan apakah Tempat memasukkan kartu ATM tersebut terganjal sesuatu apa tidak. Karena ini adalah penting mengingat kejahatan dengan mengganjal ATM ini pernah terjadi di tempat lain.

 

Selain itu dengan pengecekan ruang ATM ini adalah untuk mencegah Aksi pencurian informasi kartu debit atau skimming hingga berujung pada pembobolan tabungan nasabah melalui mesin ATM.

 

Adapun cara untuk menghindari skimming dan tidak menjadi korban dari pembobolan dana di rekening melalui mesin ATM. Salah satunya dengan memeriksa lebih teliti anjungan tunai mandiri (ATM) atau alat transaksi kartu debit lain sebelum bertransaksi. Sebab, biasanya alat skimming ini dipasang pada slot keluar masuk kartu ATM.

 

Selain itu untuk menghindari skimming, masyarakat juga harus rajin mengganti PIN ATM secara berkala. Hal ini agar PIN yang sudah terlacak alat skimming kedaluwarsa dan tidak bisa digunakan. Dengan begitu masyarakat dapat terhindar dari tindak kejahatan di objek vital ATM.