Merebaknya Virus Corona COVID-19 di berbagai dunia sekarang ini sudah membuat masyarakat dunia menjadi resah, untuk itu Dinas Kesehatan melalui Pukesmas Udanawu melakukan pengecekan terhadap siswa siswi SMK Negeri Udanawu, siswa siswi satu persatu di cek suhu tubuhnya dengan menggunakan alat pengukur suhu oleh petugas dari puskesmas Udanawu. Senin, 16 Maret 2016.

Aiptu Budi Santoso dan Bripka Nur Fitriadi telah membantu petugas kesehatan dari Puskesmas Udanawu untuk melakukan pengecekan suhu tubuh siswa siswi SMK Udanawu, selain itu Aiptu Budi Santoso juga memberikan himbauan himbauan agar tetap tenang dan tidak perlu takut yang berlebihan namun tetap waspada terhadap terhadap virus Corona ini.

Selain itu dari petugas kesehatan Puskesmas Udanawu juga memberikan panduan dan tindakan dalam mencegah virus Corona yaitu :

1. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun

Cuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik harus sering dilakukan. Terutama setelah menyentuh hidung, batuk atau bersin, atau berada di tempat umum.

Jika tak ada air dan sabun, gunakan hand sanitizer yang mengandung minimal 60 persen alkohol. Ada baiknya hand sanitizer dibawa ke manapun pergi.

2. Jangan menyentuh permukaan di tempat umum

Sebisa mungkin hindari menyentuh permukaan di tempat umum seperti tombol lift, pegangan pintu, dan berjabat tangan dengan orang.

Untuk melakukannya, gunakan tisu atau lengan baju jika Anda harus menyentuh sesuatu.

Setelah menyentuh permukaan di tempat umum, pastikan cuci tangan.

3. Hindari menyentuh wajah, hidung, dan mata.

4. Desinfektan rumah

Bersihkan dan desinfektan rumah Anda untuk menghilangkan kuman. Lakukan pembersihan rutin permukaan yang sering disentuh seperti meja, gagang pintu, sakelar lampu, gagang, meja, toilet, keran, bak cuci dan handphone.

5. Hindari keramaian, terutama di ruang yang berventilasi buruk

Risiko terkena virus pernapasan seperti COVID-19 dapat meningkat dalam pengaturan yang padat dan tertutup dengan sedikit sirkulasi udara jika ada orang di kerumunan yang sakit.

Dengan adanya kegiatan pengecekan suhu dan Himbauan Himbauan pencegahan virus Corona ini para siswa siswi SMK Udanawu dapat mengerti dan menjaga kesehatan serta kebersihan di lingkungannya masing masing.