Polres Blitar Kota Blitar melalui Polsek Nglegok hari Senin tanggal 18 Maret 2019 sekitar pukul 12.00 Wib mendapat laporan sebuah granat aktif jenis nanas ditemukan di almari almarhum Sukimin, pensiunan TNI yang tinggal di Desa Krenceng RT 06/ RW 02 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar.

Kapolsek Nglegok AKP Agus Hendro Tri Susetyo, SH menjelaskan penemuan itu berawal dari saksi Risa, perempuan umur 29 tahun yang juga cucu almarhum Sukimin saat membersihkan kamar kakeknya, mendapati sebuah bungkusan kecil berwarna biru. Awalnya, bungkusan itu diduga berisi jimat milik almarhum kakeknya. Namun saat dibuka ternyata sebuah granat jenis nanas. Atas temuan ini, Risa memberitahu keluarganya dan melapor ke Polsek Nglegok. Berdasarkan laporan itu, petugas kepolisian langsung mendatangi lokasi dan temuan itu di ketahui merupakan granat aktif jenis nanas. Karena aktif, detonator atau alat pemicu dari granat itu langsung dilepas saat itu juga.

AKP Agus menambahkan saat ini granat jenis nanas itu sudah diamankan di Polsek Nglegok dan akan dibawa ke mako Brimob Kompi Kediri untuk tindakan lebih lanjut. Diharapkan kepada warga untuk kerja samanya apabila mendapatkan atau menemukan benda benda asing yang masyarakat belum mengetahuinya. Hubungi petugas kepolisian terdekat apabila mengetahuinya. Demi keamanan masyarakat sendiri.