Polsek Udanawu – Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila Pemerintah Kecamatan Udanawu menggelar upacara bendera yang dihadiri oleh FORPIMCAM Udanawu di halaman kantor Kecamatan Udanawu kabupaten Blitar.

Upacara bendera dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 01 Juni 2023 pukul 07.00 Wib. Dan sebagai inspektur upacara adalah Drs. Ahmad Haryono M.M. selaku Camat Udanawu. Hadir dalam upacara tersebut Waka Polsek Udanawu Iptu F. Agus Supriyanto, Ba Tuud Koramil Udanawu yang mewakili Danramil Udanawu, Kepala KUA, Kepala Puskesmas, Kepala Desa Se- Kecamatan Udanawu dan perangkatnya serta para Undangan Lainnya.

 

Dalam amanat upacara tersebut Camat Udanawu menyampaikan bahwa berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2016, tanggal 1 Juni merupakan salah satu hari penting dalam kalender bangsa Indonesia. Pasalnya, di tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Pemilihan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila merujuk pada momen sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan/BPUPKI) dalam upaya merumuskan dasar negara Republik Indonesia.

 

Hari Lahir Pancasila juga merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berkeperilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

 

Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali dan ditetapkan oleh pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa. Dengan lahirnya lima sila tersebut, Pancasila dapat menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada.

 

Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati.

 

Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah penuntun keberagaman yang dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.