Pada hari Kamis tanggal 01 Juli 2021 pukul 08.00 Wib telah dilaksanakan Vaksinasi Covid-19 tahap 1 Gelombang 2 di Gerai Vaksin Presisi yang bertempat di Balai Desa Besuki Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Untuk petugas pelaksana vaksinasi Covid-19 dari petugas kesehatan Puskesmas Udanawu, dengan sasaran vaksinasi tersebut adalah seluruh warga masyarakat Desa Besuki Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar yang berumur 18 Tahun ke atas.

Petugas gabungan dari Polsek Udanawu dan Koramil Udanawu melaksanakan pengamanan sekaligus pemantauan giat vaksinasi tersebut. Terlihat masyarakat sangat antusias dalam mengikuti vaksin, petugas sedang mengatur antrian agar tidak terjadi kerumunan.

Petugas juga memberikan himbauan kepada warga masyarakat yang sedang mengantri vaksin agar mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker dengan benar, mencuci tangan sebelum di vaksin, menjaga jarak antara satu dengan lainnya.

Bagi peserta vaksin sebelum di vaksin harus melalui skrining dan pemeriksaan kesehatan secara ketat untuk menjaga hal hal yang tidak di inginkan pasca vaksin nantinya. Untuk pemeriksaan kesehatan di mulai dari cek suhu tubuh, cek gula darah, tensi dan lain sebagainya. Apabila peserta lolos dari pemeriksaan kesehatan akan dilanjutkan dengan vaksin dan apabila tidak lolos akan di jadwal ulang untuk vaksinasinya.

Saat di temui Kapolsek Udanawu Akp Anjun Sudaryanto S.Sos mengatakan bahwa vaksinasi itu penting bagi kesehatan, Agar kekebalan tubuh kita meningkat dan dapat menangkal masuknya virus Corona atau Covid-19, selain itu Kapolsek juga mengajak warga masyarakat yang belum di Vaksin agar segera mendatangi gerai gerai Vaksin yang ada untuk mendaftarkan diri untuk di vaksin. Dan kita semuanya baik yang belum di vaksin atau sudah di Vaksin harus tetap mematuhi protokol Kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari, untuk mengurangi resiko tertular Covid-19. “Pungkas Kapolsek”