Kapolres Blitar Kota AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan S.I.K., M.Si., menghimbau masyarakat untuk mendukung program vaksinasi yang merupakan bagian dari upaya pemerintah menanggulangi wabah COVID-19.

“Kami perwakilan dari Forkopimda telah melaksanakan vaksinasi yang tadi telah dicanangkan oleh Bapak Walikota. Jadi kami memberikan contoh kepada masyarakat, membuktikan bahwa vaksin COVID-19 ini aman,” ujar Yudhi kepada wartawan di Aula Pembelajaran, RSUD Mardhi Waluyo, Sabtu (30/1/2021).

Karenanya, Yudhi mengatakan, seyogyanya masyarakat mendukung program vaksinasi dan yakin dalam hal keamanan vaksin Sinovac, salah satu vaksin yang digunakan pemerintah dalam penanggulangan wabah COVID-19.

Yudhi menambahkan, bahwa vaksinasi merupakan yang sangat penting dalam penanggulangan wabah COVID-19, yaitu untuk menciptakan satu fase terjadinya kekebalan kelompok (herd immunity) terhadap wabah COVID-19.

Selain Yudhi, 8 perwakilan pejabat Forkopimda Kota Blitar yang lain juga divaksin, mereka adalah Hermansyah Permadi M.Si. (Sekda Kota Blitar), dr Drastis Mahardiana, Sp.JP (Perwakilan IDI Kota Blitar), dr Herya Putra Dharma (Wadir RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar), Habib Mustofa (Perwakilan Kemenag Kota Blitar), Letkol Inf. A. Wakhid Dedi Setiawan S.I.P. (Danyon 511 DY), dr Syahrul Alim (Ketua DPRD Kota Blitar), Abdul Majid (Perwakilan MUI Kota Blitar), dan Nur Roziek (Perwakilan Muhammadiyah Kota Blitar).

Sedianya, pada pencanangan vaksinasi COVID-19 dilakukan vaksinasi terhadap 10 pejabat perwakilan Forkopimda, namun wakil dari PCNU Kota Blitar, Sariyanto, batal divaksin karena kondisi kesehatan.

Dalam sambutannya, Walikota Blitar Santoso berharap vaksinasi bisa segera menjauhkan masyarakat Kota Blitar dan sekitarnya dari pandemi COVID-19.

Sejumlah pejabat yang menghadiri kegiatan tersebut, antara lain, Letkol Arh M Muslih S.H. (Plt. Dandim 0808 Blitar), dr Ramiadji Sp.B. (Direktur RSUD Mardi Waluyo), Mochammad Muchlis (Kepala Dinas Kesehatan), dan Kepala Puskesmas di wilayah Kota Blitar.*