BLITAR – Dalam rangka mendukung program pemerintah tentang percepatan Herd Immunity, Polres Blitar Kota terus gencarkan vaksinasi covid-19 termasuk dikalangan santri dan pelajar. Gerai Vaksin Presisi yang digelar serentak di Jawa Timur kali ini, selain dibuka di gedung Graha Patria Kota Blitar dengan jumlah 686 dosis, Polres Blitar Kota juga menggelar vaksinasi di Pondok Pesantren Al-Kamal, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar dan mencapai 1.843 dosis. Dengan ini Polres Blitar Kota menggelar vaksinasi di dua tempat dengan total sebanyak 2.529 dosis. (11/09/2021)

Para santri dan pelajar diwajibkan cuci tangan dan di cek suhu tubuh oleh petugas sebelum memasuki kawasan Gerai Vaksin Presisi. Usia lebih dari dua belas tahun dan dalam keadaan sehat menjadi syarat utama sebelum mendapatkan vaksinasi covid-19 yang digelar oleh Polres Blitar Kota ini.

Kegiatan yang dimulai dari tahapan pendaftaran, Skrinning, Vaksinasi hingga observasi pasca vaksinasi dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Petugas vaksinator sendiri merupakan Anggota Urkes Klinik Pratama Polres Blitar Kota sedangkan bagian Pendaftaran di bantu dari Anggota Polri dan ASN Polres Blitar Kota.

Kapolres Blitar Kota saat melakukan pengecekan menyampaikan bahwa vaksinasi bagi santri dan pelajar yang ada diwilayah pondok pesantren Al-Kamal ini selain untuk memperkuat herd immunity juga untuk mempersiapkan pembelajaran tatap muka yang rencananya akan segera dibuka.

”Tujuan dari vaksinasi di Ponpes Al Kamal yaitu persiapan yang nantinya segera dilaksanakan pembelajaran dengan tatap muka” ucap Kapolres Blitar Kota AKBP Dr. Yudhi Hery Setiawan, S.I.K., M.Si.

Pimpinan pondok pesantren Al-Kamal juga menyambut baik vaksinasi bagi santri dan pelajar ini, beliau berharap dengan adanya vaksinasi ini bisa memperkuat imun para pelajar sehingga kebal akan virus covid-19.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Polres Blitar Kota karena sudah memfasilitasi vaksinasi ini untuk Pondok Pesantren Al Kamal. Sehingga kami lebih tenang dan berani untuk melaksanakan proses belajar mengajar dengan tatap muka. Karena dengan adanya vaksin ini, mudah mudahan kita semua berharap ini menjadi herd immunity para santri dan bisa terlindungi dari Covid-19″ ucap KH. Asnawi Mahfud sebagai pengurus Pondok Pesantren Al Kamal.

Polisi yang bertugas menghimbau kepada seluruh santri dan pelajar untuk segera pulang ke rumah atau asrama masing-masing setelah selesai tahapan vaksinasi, hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan.

“Mudah mudahan dengan kerjasama antara Ponpes Al Kamal dengan Polres Blitar Kota ini dapat memberikan perlindungan pada para santri dan semoga proses belajar mengajarnya dapat berjalan dengan lancar” harap AKBP Yudhi.

Ditengah kegiatan vaksinasi ini, sempat diadakan Zoom bersama Kapolri dan Panglima TNI yang diikuti oleh Kapolsek Wonodadi, Ketua Ponpes, PJU yang ditunjuk mewakili Kapolres Blitar Kota, satgas covid kecamatan wonodadi dan para santri serta pelajar. Panglima dan Kapolri menyapa langsung secara virtual beberapa wilayah yang menggelar vaksinasi serentak. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Pemda, Dinas Kesehatan, personel TNI-Polri, relawan dan elemen masyarakat lainnya, yang telah bekerja keras menurunkan laju pertumbuhan Covid-19.