Polsek Sanankulon – Pagi tadi dilaksanakan upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023 jajaran Forpimcam Sanankulon yang digelar di Halaman Kantor Kecamatan. Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Melalui kegiatan upacara tersebut kita sudah sepatutnya bersyukur atas nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila, karena Pancasila memiliki fungsi menjadi Ideologi Negara, sebagai dasar negara dan merupakan kepribadian bangsa Indonesia. Pancasila dapat juga dimaknai sebagai sumber dari segala sumber hukum. Dan hari ini, tanggal satu Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 24 tahun 2016, tanggal 1 Juni 1945. Pancasila harus ditegakkan dan diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Peringatan Harlah Pancasila kali ini mengambil tema Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global. Peringatan Harlah Pancasila menjadi ajang untuk mengingatkan masyarakat mengenai lahirnya Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia. Maka dari itu setiap 1 Juni segenap lapisan bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Harlah Pancasila sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kapolsek Sanankulon yang diwakili oleh Wakapolsek Iptu samsul Anwar mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali dan ditetapkan oleh pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa. Dengan lahirnya lima sila tersebut, Pancasila dapat menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati. ungkapnya.