Polsek Sanankulon – Fungsi Sabhara merupakan sebagian fungsi Kepolisian yang bersifat preventif atau pencegahan terhadap segala bentuk potensi gangguan kriminalitas maupun kamtibmas yang  terjadi di masyarakat. Seiring dengan perkembangan zaman, menuntut personel Sabhara mempunyai keahlian dan keterampilan khusus yang telah dikembangkan untuk menyesuaikan dengan dinamika dan perkembangan masyarakat saat ini. Namun secara mendasar tugas tugas pokok unit Sabhara adalah memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta mencegah dan menangkal segala bentuk gangguan kamtibmas baik berupa kejahatan maupun pelanggaran serta gangguaan ketertiban lainnya.

Selaras dengan tugas pokok tersebut, Unit Sabahara Polsek Sanankulon yang dipimpin oleh KA.SPKT Aiptu Heru Setyo Budi beserta anggota melaksanakan patroli di obyek vital Kecamatan Sanankulon meliputi Perbankan dan lokasi ATM. Ini merupakan salah satu wujud pelayanan prima Kepolisian kepada masyarakat dalam memberikan jaminan keamanan. Keberadaan petugas dilapangan mampu untuk mencegah dan menangkal segala bentuk potensi gangguan kamtibmas. Disisi lain, warga masyarakat juga dapat merasakan manfaat dengan kehadiran petugas ditengah tengah mereka sehingga menghilangkan rasa hawatir dan was was saat beraktifitas diluar.

Kapolsek Sanankulon melalui Kanit Sabhara Iptu Puji Winarsih mengatakan bahwa unit Sabhara melaksanakan kegiatan patroli kewilayahan ini adalah bentuk operasional Polri yang merupakan perwujudan tindakan menghilangkan faktor niat atau pencegahan terhadap bertemunya niat dan kesempatan yang seringkali dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk menjalankan aksinya. Dengan keberadaan petugas Kepolisian ditengah tengah masyarakat diharapkan situasi kamtibmas akan terjaga kondusif karena upaya preventif yang telah dilakukan melalui kegiatan patroli ini. Namun hal yang tak kalah pentingnya adalah dukungan aktif dari masyarakat, dengan peduli terhadap keamanan diri sendiri dan lingkungan, maka potensi gangguan kriminalitas maupun kamtibmas dapat ditekan seminim mungkin. pugkas Kanit Sabhara.