Polsek Sanankulon – Pemerintah Desa Jeding Kecamatan Sanankulon malam ini menggelar Kenduri dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila yang jatuh pada tanggal satu Juni. Bertempat di Pendopo Kantor Desa, seperti tahun tahun sebelumnya, kenduri ini digelar bersama dengan segenap perangkat desa, tiga pilar serta tokoh masyarakat, pemuda dan segenap elemen masyarakat Desa Jeding. Minggu 31 Mei 2020 malam. Kepala Desa Jeding Bp. Hari Purwanto mengatakan bahwa peringatan hari lahir Pancasila ini digelar sebagai bentuk dan upaya dari pemerintah merawat serta menjaga ideologi bangsa, yaitu Pancasila. Ditambahkan pula bahwa Pancasila sudah menjadi bagian hidup bagi seluruh warga negara Indonesia.

Kenduri merupakan tradisi yang sudah berjalan untuk merawat dan menjga kebersamaan sehingga cita cita yang sejak semua dibuat diteguhkan kembali. Kenduri juga menjadi alat kontrol sosial untuk menjaga gerak dan arah dari cita cita yang telah diperjuangkan bersama itu. Kenduri mampu mempersatukan, bahkan semakin mempererat kesatuan itu. Dalam kenduri akan terlihat jelas bagaimana kebersamaan dan keutuhan tercipta, suasana penuh kerukunan, bagi bagi berkat dari nasi tumpeng yang baru didoakan. Sehingga kenduri saat peringatan lahirnya Pancasila ini sebagai momentum rasa syukur yang dalam atas kokohnya Pancasila sebagai dasar Negara.

Kapolsek Sanankulon AKP Wahono mengatakan bahwa Pancasila juga telah terbukti dan teruji mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang berbeda-beda suku, budaya dan agama. Oleh sebab itulah, rasa syukur diwujudkan dalam selamatan atau kenduri yang diselenggarakan tersebut. ungkap Kapolsek Sanankulon.