Polsek Sukorejo – Polres Blitar Kota tengah menggencarkan program “ayo tukarkan maskermu” di sejumlah tempat keramaian atau pusat perbelanjaan di wilayah setempat. Rabu (26/08/2020).

Upaya itu dilakukan, demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penerapan protokol kesehatan di berbagai macam aktivitas, terutama saat di luar rumah. Kapolresta Blitar, AKBP Leonard M Sinambela melalui Kapolsek Sukorejo Kompol Slamet Pujiono, SH mengatakan bahwa program Gerakan Tukarkan Maskermu ini sebagai implikasi instruksi Presiden No. 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Menurut Slamet Pujiono, penegakkan tatanan kehidupan baru (New Normal) tidak harus diberikan sanksi. Melainkan dengan cara – cara humanis seperti gerakan tukarkan maskermu diyakini dapat menyentuh kesadaran warga.

“Kita gunakan metode yang simpel tapi mengena kepada masyarakat. Program ini menyasar ke seluruh wilayah Kota Blitar mulai persawahan, warung, sejumlah pasar tradisional dan tempat yang dijadikan berkumpulnya warga,” kata Kapolsek Sukorejo.

Secara teknis, implementasi program ini yakni saat petugas kepolisian melakukan patroli dan mengetahui masker masyarakat dalam keadaan kotor/lusuh akan dihampiri serta ditukar dengan masker baru.

Gerakan Tukarkan Maskermu ini menyasar ke ruang-ruang publik. Di mana frekuansi pemakaian masker sangat tinggi, namun stok masker yang dimiliki warga terbatas. Selama ini, Polresta Blitar telah membagikan jutaan masker bagi warga Kota Blitar.