Masih di Bulan Maret 2023 saat ini masih sering mendung saat siang hari, terkadang juga hujan deras hingga merata di area Blitar-Kediri. Hujan yang datang pun tak menentu seringkali malam hari juga padahal sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan. Oleh karena itu Polsek Udanawu melaksanakan patroli antisipasi bencana alam. Selasa, 21 Maret 2023.

Melakukan patroli dengan mobile Backbone mengelilingi wilayah Udanawu dan berhenti di setiap sungai, saat ini sungai Desa Tunjung yang dialiri air cukup deras. Namun juga cukup aman apabila siang hari panas seperti ini, namun akan deras bila hujan datang. Hal ini membuat waspada warga sekitar harus hati-hati karena apapun bisa terjadi. Untuk itu polisi menghimbau masyarakat untuk lebih banyak menanam pohon di bantaran sungai supaya ekosistem terlindungi.

Pada sungai-sungai wilayah Udanawu rata-rata mendapat kiriman air dari gunung Kelud, jadi bila hujan juga pasti akan membuat air jadi deras. Apabila air tersumbat maka akan meluap di pemukiman warga. Koordinasi dengan pihak terkait terus dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam yang mungkin saja bisa terjadi. Tapi lebih baik mencegah daripada terdadak terjadi hal yang tidak kita inginkan. Maka faktor-faktor yang berdampak positif harus dilakukan secara bersama dan kerjasama yang baik.

Patroli Polsek Udanawu terus berkeliling selain Desa Tunjung juga di Desa Mangunan yang terdapat Dam, memiliki bantaran yang cukup luas diperkirakan mampu menahan beban air sebanyak mungkin. Masyarakat juga harus atensi terhadap polisi yang bertugas di lapangan dan akan terus diinformasikan oleh polisi kondisi yang ada di berbagai wilayah Udanawu. Supaya dapat mengevaluasi dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S. Sos “patroli pengawasan dan pemantauan terhadap fasilitas umum seperti dam dan jembatan untuk menjaga kita dari bencana alam akan terus ditingkatkan dan juga koordinasi berbagai pihak terkait untuk antisipasinya. ” Ujar Kapolsek Udanawu