Polsek Sanankulon – Operasi Keselamatan semeru tahun 2021 digelar mualai tanggal 12 hingga 25 April 2021 atau selama dua pekan. Operasi Keselamatan Semeru merupakan kegiatan operasi yang bersifat kemanusiaan dan cipta kondisi jelang pelaksanaan Operasi Ketupat pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Sejumlah personel yang sudah terploting termassuk jajan Polsek Sanankulon melaksanakan operasi tersebut dengan membagikan brosur kepada masyarakat pengguna jalan. Kamis (21/4).

Kapolsek Sanankulon AKP Wahono mengatakan ada beberapa tujuan digelarnya operasi keselamatan ini yaitu salahsatunya adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat tentang protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Selanjutnya adalah untuk meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan jelang bulan Ramadhan. Selain itu agar masyarakat patuh terhadap anjuran Pemerintah tentang larangan untuk tidak mudik saat lebaran nanti.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Polda Jawa Timur, sekaligus persiapan memasuki Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah, dengan sandi Operasi Keselamatan Semeru 2021 khususnya di tengah pandemi Covid-19. Namun demikian petugas yang terlibat dalam operasi ini tetap mempedomani Standart Operasional Prosedur atau SOP dan mengedepankan upaya preventif dengan penegakan hukum selektif dan prioritas untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Operasi Keselamatan menjelang Ramdahan dan Idul Fitri ini selain operasi protokol kesehatan dan larangan mudik, juga fokus kepada para pengendara yang berpotensi terjadi lakalantas, salah satunya melanggar rambu dan melebihi muatan.” pungkas Kapolsek.