Polsek Sanankulon – Jajaran Pemerintah Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa serta relawan satgas Covid-19 tingkat desa terus berupaya dalam hal penanggulangan penyebaran virus Corona. Salahsatu upaya yang dilakukan adalah mendirikan ruang isolasi mandiri yang ada di Kantor Desa. Ruang isolasi ini diperuntukkan bagi warga Desa yang baru masuk atau warga pendatang dari luar Kota. Hal ini untuk meminimalisir dan mengurangi potensi penyebaran Covid-19 di Desa. “Kita tidak tahu bagaimana kondisi yangbersangkutan dan riwayat perjalanan dari mana saja sehingga kita tempatkan terlebih dahulu diruang isolasi sebelum membaur dimasyarakat. Atau yangbersangkutan telah menjalani pemeriksaan medis baik swab antigen maupun PCR dan menunjukkan surat keterangan dari Rumah Sakit bahwa mereka dinyatakan negatif.” ungkap Kepala Desa.

Ruang isolasi ini setidaknya mampu untuk menangkal virus yang masuk ke Desa. Orang tanpa gejala akan mudah terdeteksi apabila menjalani pemeriksaan terlebih dahulu di posko Covid-19 tingkat Desa. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan orang tersebut terbebas dari Covid-19 sebelum masuk ke desa.

Sementara itu Kapolsek Sanankulon AKP Wahono mengatakan diperlukan kerjasama yang kompak dan solid antar lembaga Pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini sampai ke tingkat bawah. Ada banyak hal yang dapat dilakukan salahsatunya adalah menyediakan runag isolasi bagi warga pendatang sebelum ia membaur dengan masyarakat yang lain. Deteksi secara dini akan memperkecil peluang virus menyebar dikalangan masyarakat. Dan yang tetap diperhatikan adalah harus tetap menerapkan protokol kesehatan berupa penggunaan masker, membiasakan pola hidup bersih dan sehat dan mengurangi mobilitas atau menghindari kerumunan. ungkap Kapolsek.