Polsek Udanawu lakukan pemantauan dan pengawasan objek dam/bendungan di Desa Mangunan Kec. Udanawu. Untuk mengantisipasi terjadinya banjir akibat hujan deras yang melanda wilayah Udanawu, akhir-akhir ini memang sering hujan begitu lebat dikhawatirkan akan mendadak luber airnya. Minggu, 29 Januari 2023.

Di dam Desa Mangunan polisi yang berpatroli dipimpin Aiptu Netran mendatangi lokasi dengan mobil patroli dan berhenti untuk melihat kondisi air yang saat ini pukul 14.00 WIB masih landai dan dapat digunakan untuk pengairan sawah dengan lancar. Karena memang cuaca sedang mendung mungkin persiapan hujan di sore hari nanti.

Di dam ini memiliki bantaran plester cukup besar, jadi diperkirakan aman saat hujan deras turun. Namun tetap waspada apabila tidak kita sadari sewaktu-waktu dapat berubah sebaliknya. Oleh karena itu masyarakat dihimbau agar menanam tanaman/tumbuhan untuk menjaga alam di sekitar sungai agar dapat mencegah terjadinya bencana alam banjir.

Di wilayah Udanawu banyak memiliki banyak sekali aliran sungai di setiap Desa yang semuanya berujung ke sungai besar Brantas di arah barat. Petugas dari Polsek Udanawu terus memeriksa kondisi di banyak tempat untuk memaksimalkan peran dan melaporkan kepada pimpinan untuk evaluasi dan tindakan kedepan. Semoga wilayah Udanawu aman dan terhindar dari bencana hal buruk apapun itu.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S. Sos saat ditemui “saat ini musim hujan tentu kewaspadaan terhadap hujan deras yang melanda sewaktu-waktu dapat dilakukan dengan merawat lingkungan dan perbanyak menanam pohon di area hijau. Dan tidak lupa dengan alat-alat bantu untuk menangani seperti cangkul, sabit dan chainsaw. ” Ujar Kapolsek Udanawu